6 Cara Mengatasi Instagram Error Di Android

Cara mengatasi instagram error di android merupakan solusi bagi pengguna instagram yang mengalami down dan error pada saat ingin membuka aplikasi. Instagram menjadi aplikasi wajib di era saat ini, karena menawarkan fitur berbagi foto dan video yang sangat baik.

Namun ada kalanya aplikasi instagram mengalami error dan down. Pada umumnya para pengguna akan merasa panik dan juga mengeluhkan permasalahan yang dihadapi. Berikut ini 6 cara mengatasi instagram error di android yang bisa dicoba oleh pengguna:

6 Cara Mengatasi Instagram Error Di Android

cara mengatasi instagram error di android
cara mengatasi instagram error di android

1. Perbaharui Versi Instagram

Hal pertama yang harus dicoba pengguna instagram yaitu dengan melakukan pengecekan apakah sudah diperbaharui versi terbaru atau belum. Tujuan dari melakukan update adalah untuk memperbaiki masalah error atau pun bug pada aplikasi.

Cara melakukan update pada instagram yaitu dengan mengunjungi Google Play Store, selanjutnya tap icon tiga garis pada bagian kiri atas. Buka My Apps & Games dan tap updates. Pengguna bisa melihat aplikasi wajib untuk di update. Lakukan sampai proses selesai.

2. Lakukan Pengecekan Dengan Situs Independen

Jika melakukan pembaharuan aplikasi belum berhasil dan masalah error masih muncul, pengguna bisa melakukan pengecekan dengan situs Independen untuk mengetahui instagram mengalami error atau down. Situs yang bisa pengguna kunjungi adalah www.downdetector.co.uk.

Baca juga : Cara Membuat Partisi di Windows 10 saat Instal Ulang

Cara menggunakan situs down detector cukup mudah, pengguna cukup mengetikkan www.instagram.com untuk melakukan pengecekan situs sedang mengalami down atau error. Situs tersebut disediakan secara gratis. Situs down detector bisa memberitahu apakah situs mengalami down atau smartphone pengguna yang bermasalah.

3. Lakukan Clear Cache Pada Aplikasi Instagram

Apabila cara pengecekan dengan situs Independen belum bisa mengatasi error atau down pada aplikasi instagram, maka cara mengatasi instagram error di android yaitu dengan melakukan clear cache. Clear cache adalah proses membersihkan data yang tersimpan pada aplikasi.

Cara clear cache cukup ampuh untuk mengatasi error pada aplikasi instagram. Pengguna dapat melakukan proses clear cache dengan cara membuka menu settings, tap pada menu apps, dan cari aplikasi instagram. Cari tombol clear cache dan lakukan tap pada tombol.

4. Lakukan Install Ulang Pada Aplikasi Instagram

Apabila cara membersihkan cache belum bisa mengatasi error pada aplikasi, cara kali ini adalah dengan melakukan pemasangan ulang. Bisa jadi error terjadi karena adanya data corrupt. Ini terjadi pada saat  melakukan proses update aplikasi.

Aplikasi instagram tidak akan bisa digunakan apabila terjadi data corrupt. Data yang hilang juga mempengaruhi performa dari aplikasi sendiri sehingga tidak bisa dijalankan dengan baik.

Baca juga : Cara Menghilangkan Malware Di Windows 10

5. Lakukan Restart Pada Smartphone

Cara mengatasi error pada aplikasi instagram yang lainnya adalah dengan melakukan restart pada smartphone. Proses restart pada smartphone akan membuat kinerja dari komponen menjadi lancar kembali dan tidak mengalami lambat dalam prosesnya.

Fungsi lain dari melakukan restart yaitu menjaga agar proses kerja dari komponen smartphone menjadi maksimal dan lebih refresh kembali. Cara melakukan restart smartphone adalah dengan menekan tombol power dengan lebih lama sampai smartphone mati, pilih restart kembali.

6. Lakukan Perubahan Pada Password

Jika pengguna instagram sering mengalami tidak bisa login dan muncul error pada akun, bisa jadi akun telah dihack pengguna lain. Pengguna lain tersebut melakukan perubahan password pada akun pengguna target tanpa diketahui.

Cara untuk melakukan pengecekan bisa melalui email yang digunakan pada akun instagram. Lakukan login pada instagram melalui PC lalu klik forgot password, dan klik reset pada password pada akun instagram.

Mungkin cara mengatasi instagram error di android untuk pengguna bisa menjadi referensi untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Gunakanlah cara ini secara bijak untuk mengatasi masalah error yang terjadi sehingga mencegah data tetap aman.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar