Bagaimana Cara Pindah Faskes BPJS dengan Mudah?

Cara pindah faskes BPJS dapat dilakukan secara offline maupun online. Sebelum membahas tentang itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu faskes BPJS. Faskes atau fasilitas kesehatan adalah layanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. BPJS memberikan layanan kesehatan dilakukan dengan cara menerapkan sistem pengobatan yang berjenjang. Peserta akan diberikan layanan kesehatan seperti layaknya asuransi kesehatan dari tingkat yang paling rendah sampai ke tingkat berikutnya.

Semua pasien BPJS akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum menggunakan BPJS, peserta harus melakukan sejumlah rangkaian prosedur dan para peserta wajib mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. BPJS memiliki perbedaan dengan asuransi, perbedaannya terletak pada ketika pasien BPJS ingin berobat maka pasien BPJS harus melakukannya pada fasilitas kesehatan tingkat pertama atau faskes 1 (klinik atau puskesmas) terdekat di domisili pasien.

Pemilihan faskes 1 akan ditentukan sendiri oleh pasien ketika pasien pertama kali mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Lokasi faskes 1 ini kemudian akan ditulis pada kartu BPJS, sehingga ketika pasien membutuhkan pengobatan tujuan utamanya adalah faskes 1 tersebut. Jika pasien tidak bisa ditangani di faskes 1 maka dokter yang berada pada faskes 1 akan merujuk pasien menuju faskes 2 (rumah sakit), hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya fasilitas medis yang berada di faskes 1 dan mengharuskan dokter untuk merujuk pasien tersebut demi keselamatan pasien.

Rumah sakit tentunya memiliki fasilitas medis yang jauh lebih lengkap dan rumah sakit memiliki tenaga medis yang memadai sehingga pasien yang membutuhkan pertolongan darurat pastinya akan tertangani ketika ia dirujuk ke rumah sakit. Rujukan dari dokter yang berada pada faskes 1 bertujuan agar memudahkan pasien mendapatkan pertolongan medis yang dibutuhkan di faskes 2. Hal ini wajib dilakukan pasien BPJS ketika ingin berobat, jadi pasien harus ke faskes 1 terlebih dahulu tidak bisa langsung ke faskes 2.

Baca juga : Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome

Pindah Fasilitas Kesehatan

Cara Pindah Faskes BPJS
Cara Pindah Faskes BPJS

Fasilitas kesehatan yang tertulis pada kartu BPJS memanglah pilihan dari pasien BPJS ketika pertama kali mendaftarkan diri, namun banyak juga orang yang memiliki keinginan untuk menggantinya, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu karena dianggap tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan, faskes yang dipilih peserta tidak memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, peserta tidak mendapatkan pelayanan yang baik di faskes yang dipilih, jarak faskes yang dipilih jauh dari tempat tinggal, pasien pindah rumah sehingga faskes yang dipilih jauh dari tempat tinggal yang baru, dan berbagai macam alasan lainnya. Alasan-alasan tersebut membuat pasien BPJS berkeinginan untuk pindah. Pihak BPJS akan membantu peserta untuk pindah faskes dan tidak membatasi berapa kali peserta BPJS dapat pindah. Namun hal ini harus disertai alasan yang jelas tidak boleh mengada-ada dan harus sesuai dengan kebutuhan pasien BPJS. Pihak BPJS memberikan beberapa persyaratan untuk peserta yang ingin pindah faskes, jadi peserta juga harus benar-benar dalam memilih faskes yang akan dituju. Mengganti faskes BPJS dapat dilakukan dengan dua cara baik secara offline maupun online. Berikut penjelasan bagaimana cara pindah faskes BPJS.

Cara Pindah BPJS Offline

Cara mengganti faskes secara offline atau manual ini masih banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena beberapa orang berfikiran bahwa jika dilakukan secara offline maka akan lebih mudah dan jelas. Namun jika peserta BPJS ingin mengganti secara offline maka peserta harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan di lokasi manapun tidak harus sesuai dengan domisili anda, anda dapat datang ke kantor BPJS Kesehatan di cabang seluruh Indonesia. Berikut adalah tahapan yang dilakukan ketika anda ingin mengganti faskes secara offline.

  1. Siapkanlah beberapa dokumen yang dibutuhkan yaitu:
    • KTP
    • Kartu peserta BPJS Kesehatan
    • Kartu Keluarga
    • Surat keterangan domisili, kerja, atau kuliah
    • Bukti pembayaran sampai terakhir ( fotokopi buku rekening jika anda ingin pindah kelas)
    • Khusus PNS, TNI, POLRI dan PPNPN siapkan kolektif gaji
  1. Datanglah ke kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal anda atau kantor BPJS Kesehatan cabang manapun.
  2. Datanglah ke loket kemudian ambil formulir khusus penggunaan fasilitas kesehatan.
  3. Isilah formulir dengan data-data yang benar dan lengkap. Pengisian formulir dapat dilakukan di tempat ataupun dirumah. Pastikan mengisi formulir dengan benar.
  4. Setelah anda selesai mengisi seluruh bagian formulir, kemudian datanglah ke loket dan serahkan formulir tersebut ke petugas yang bertugas di loket.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Instagram

Cara Pindah BPJS Online

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengganti fasilitas kesehatan BPJS. BPJS Kesehatan memudahkan para peserta BPJS untuk mengakses berbagai macam informasi seuputar BPJS, riwayat pelayanan peserta, pendaftaran, dan pengaduan keluhan melalui aplikasi Mobile JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional). selain itu, aplikasi ini juga memudahkan para pasien untuk mengganti data diri, khususnya penggantian faskes. Berikut adalah cara mengganti faskes BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah unduh aplikasi Mobile JKN di Playstore atau pun App store yang tersedia di HP anda, pastikan ruang penyimpanan anda cukup untuk mengunduh aplikasi ini. Kemudian setelah anda mengunduh aplikasi, buka aplikasi Mobile JKN, jika anda merupakan peserta baru BPJS maka anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan memasukkan beberapa data diri seperti nomor BPJS, email, KTP dan lain-lain. Namun jika anda sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan anda bisa langsung saja login dengan cara memasukkan nomor kartu BPJS .

 Lalu ketika anda sudah masuk ke halaman menu pilihlah “Ubah Data Peserta” yang ada pada menu. Setelah itu pada kolom faskes akan ada pilihan provinsi, kabupaten, dan pilihan faskes yang tersedia. Setelah anda memilihnya anda akan diminta untuk verifikasi melalui emai atau nomor telepon, kemudian tunggu beberapa saat sampai kode verifikasi masuk, setelah anda selesai verifikasi, anda bisa langsung konfirmasi perubahan data tersebut.

Setelah anda melakukan perubahan faskes, hal ini membutuhkan proses dan tidak langsung aktif sehingga anda tidak bisa langsung menggunakannya. Faskes yang anda telah perbaharui baru aktif dan bisa digunakan pada satu bulan berikutnya. Namun anda tidak perlu khawatir karena selama anda menunggu proses pergantian faskes yang baru, anda masih bisa menggunakan faskes yang lama untuk berobat.

Pergantian faskes secara online baru diterapkan baru-baru ini, dulu pergantian faskes hanya dapat dilakukan secara offline, namun dengan seiring perkembangan zaman akhirnya lembaga BPJS Kesehatan menciptakan aplikasi Mobile JKN untuk memudahkan pesertanya dan untuk menghindari antrean panjang dan lama. Perlu anda ketahui, untuk mengganti faskes anda harus menjadi peserta BPJS Kesehatan minimal tiga bulan dahulu, jika anda belum mencapai tiga bulan menjadi peserta BPJS maka anda belum bisa menggantinya.

Itulah cara pindah faskes BPJS, semoga informasi ini dapat memudahkan anda yang ingin pindah faskes BPJS Kesehatan.

Tinggalkan komentar