Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome, Yuk Cari Tahu!

Cara mengetahui pengguna Wifi Indihome merupakan hal dasar yang perlu diketahui pengguna provider satu ini. Hal tersebut dikarenakan seringnya pengguna-pengguna bayangan yang masuk tanpa pengawasan. Banyaknya users yang menggunakan internet bisa mengakibatkan kecepatan internet jadi lemot.

Oleh karena itu jika menggunakan Wifi di rumah, hendaknya sebagai pengguna harus rajin mengecek daftar terhubung agar bebas dari pengguna bayangan. Selain itu juga bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan dari koneksi yang dimiliki  pada layanan Wifi. Perhatikan beberapa cara untuk mengetahui siapa saja pengguna yang mengakses jaringan Wifi indihome sebagai berikut :

Melalui Command Prompt atau CMD

cara mengetahui pengguna wifi indihome
cara mengetahui pengguna wifi indihome

Cara mengetahui pengguna Wifi indihome bisa di cek melalui CMD atau yang biasa dikenal sebagai Command Prompt. Caranya, pertama bukalah program Run dengan langkah menekan Windows+R di keyboard. Kemudian masukan cmd dan klik ok. Selanjutnya akan muncul bar berwarna hitam, nah menu kotak berwarna hitam tersebut yang dinamakan CMD.

Selanjutnya setelah muncul menu CMD, masukkan net view untuk memunculkan daftar internet yang ada pada Wifi. Kemudian ketik arp-a dan klik enter, maka setelah itu akan ditampilkan sebuah daftar berisi data IP dari semua pengguna pada Wifi indihome. Jika terlihat IP yang mencurigakan maka akan bisa langsung diblokir.

Baca juga : Cara Memindahkan Video dari iPhone ke Laptop

Melalui Aplikasi TP-Link

Biasanya sebagai pengguna Wifi, pasti sudah tidak asing lagi dengan router TP-Link. Jika mendapat router dengan model tersebut, maka daftar pengguna masih bisa diakses dengan menggunakan aplikasi Tether. Cara mengetahui pengguna Wifi indihome melalui aplikasi TP-Link berupa Tether ini dengan membuka aplikasi dan pilih jaringan router TP-Link yang terdeteksi.

Selanjutnya lakukan login pada aplikasi melalui username default yang tertera di setiap router. Jika login berhasil maka akan segera menampilkan sebuah tampilan yang berisikan status dari jaringan Wireless. Klik Clients, maka seluruh data dari perangkat yang terhubung akan disajikan. Pada tampilan itu juga pengguna yang mencurigakan dapat langsung dihapuskan.

Melalui Browser Modem Indihome

Sebagaimana yang diketahui bahwa indihome memiliki berbagai jenis modem yang bisa digunakan seperti indihome FiberHome, Indihome Huawei dan Indihome ZTE. Meskipun masih satu provider berupa indihome, akan tetap tiap-tiap modem memiliki cara berbeda untuk mengeceknya. Berikut penjelasan cara mengecek pengguna Wifi indihome melalui beberapa modem :

1. Indihome FiberHome

Bagi pengguna modem Fiberhome, pengecekan pengguna melalui web browser 192.168.1.1. kemudian masukan akun berupa username dan password. Periksa bagian Status dan buka Wireless Status, maka akan disajikan data Wifi Clients List yang berisikan alamat IP yang terhubung. Tentu saja hanya berlaku pada siapa saja yang sedang terhubung dengan Wifi tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

2. Indihome Huawei

Dengan jenis modem berbeda, cara mengetahui pengguna Wifi indihome Huawei bisa dicek melalui akses login dengan alamat berbeda. Buka 192.168.100.1 pada browser, setelah masuk ke halaman login, masukkan akun beserta password yang dimiliki. Cek User Device Information pada menu Status, maka akan ditampilkan jumlah pengguna yang terhubung pada Wifi.

3. Indihome ZTE

Pada penggunaan Wifi indihome untuk modem ZTE, untuk mengetahui pengguna bisa di cek melalui browser dengan memasukkan alamat 192.168.1.1. Setelah muncul tampilan login, silahkan masuk menggunakan username dan password admin. Periksa Associated Devices yang ada pada menu Network > WLAN, kemudian akan muncul halaman berisikan data dari pengguna Wifi terhubung.

Berikut tadi merupakan beberapa cara mengetahui pengguna Wifi indihome yang terhubung secara keseluruhan. Waspadai pengguna bayangan yang hanya menumpang secara diam-diam akan tetapi memakan penggunaan jaringan paling banyak. Sehingga mengakibatkan sinyal jaringan lemot dan tidak nyaman untuk digunakan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar