Cara Menggabungkan File PDF Di Laptop Paling Mudah!

Cara Menggabungkan File PDF Di Laptop – File PDF menjadi salah satu alternatif dalam hal pemberkasan secara online. Hal ini dikarenakan PDF memiliki besar ukuran yang lebih kecil sehingga memudahkan akses pengiriman maupun ruang penyimpanan. Ketika ingin menggabungkan PDF, ada beberapa cara menggabungkan file PDF di laptop yang bisa digunakan baik secara online melalui web atau offline.

Untuk bisa menggabungkan dua PDF atau bahkan lebih, memerlukan bantuan dari website yang diakses secara online maupun offline melalui software. File PDF tidak bisa digabungkan secara langsung dikarenakan ketika suatu file dokumen sudah menjadi PDF maka tidak ada lagi akses edit. Simak beberapa cara menggabungkan file PDF berikut ini :

5 Cara Menggabungkan File PDF Di Laptop Paling Mudah

cara menggabungkan file pdf di laptop
cara menggabungkan file pdf di laptop

1. Combine PDF

Ada beberapa cara menggabungkan file PDF di laptop secara online melalui website, yakni Combine PDF. Website ini bisa diakses secara gratis ketika pengguna ingin menggabungkan PDF meski dalam jumlah yang cukup banyak sekalipun. Langkah pertama yang harus dilakukan bisa dengan membuka website combinepdf.com terlebih dahulu.

Kemudian pengguna bisa memilih file PDF apa saja yang ingin digabungkan dengan menekan opsi Upload File. Pastikan file PDF yang ingin digabungkan sudah sesuai urutannya agar tidak terjadi kesalahan proses penggabungan. Setelah itu tekan Combine dan tunggu penggabungan selesai, jika berhasil maka File PDF hasil gabungan akan otomatis di Download.

Baca juga : Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome

2. I Love PDF

Selain Combine PDF, I Love PDF juga menjadi website alternatif lainnya ketika ingin menggabungkan file PDF. Buka ilovepdf.com dan masuk ke pilihan Merge PDF, setelah itu pilih  PDF yang ingin pengguna gabungkan dengan menekan Select PDF Files. Jika sudah, Klik Merge PDF di kanan bawah dan file PDF disimpan secara otomatis.

3. Adobe Reader

Adobe Reader menjadi satu diantara beberapa software yang bisa diakses secara offline ketika ingin menggabungkan PDF. Software ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu cara menggabungkan file PDF di laptop. Pastikan laptop atau perangkat yang digunakan sudah terinstall software Adobe Reader. Kemudian buka software dan pilih Add Files untuk memilih file PDF.

Setelah semua file dipilih, pastikan susunan sudah sesuai urutan sebelum melakukan penggabungan. Klik Combine untuk menggabungkan file PDF yang sudah dipilih dan tunggu hingga proses penggabungan file PDF selesai. Ketika selesai, simpan file PDF hasil penggabungan dengan menekan opsi Save As, pilih lokasi penyimpanan pada folder dan klik Simpan.

Baca juga : Cara Memindahkan Video dari iPhone ke Laptop

4. Foxit Reader

Sama halnya seperti Adobe Reader, Foxit Reader merupakan software yang bisa diakses untuk penggabungan PDF secara offline. Pertama dengan membuka software yang sudah diinstall, lalu tekan File. Selanjutnya Create dan klik From Multiple Files untuk penggabungan. Pilih PDF dan atur urutannya, kemudian lakukan Convert dan pilih lokasi penyimpanan hasil PDF.

5. PDF Merge

Rekomendasi cara menggabungkan file PDF di laptop yang terakhir adalah melalui website PDF Merge. PDF Merge bisa diakses secara instan melalui browser tanpa memerlukan aplikasi tambahan melalui website pdfmerge.com. Setelah membuka website tersebut, tekan opsi Choose File dan upload PDF yang akan digabungkan ke dalam satu PDF yang sama.

Apabila jumlah file yang ingin digabungkan lebih dari empat, maka pilih kembali opsi More Files untuk mendapatkan batas maksimal lebih. Jika semua file PDF sudah dipilih dan tersusun secara rapi, klik Merge Files dan tunggu hingga proses penggabungan selesai. Baru setelah itu klik Download untuk mengunduh file PDF hasil penggabungan.

Itu tadi adalah beberapa cara menggabungkan file PDF di laptop yang sangat direkomendasikan untuk para pengguna secara gratis. Sebenarnya ada beberapa website atau software yang lebih bagus, hanya saja biasanya memerlukan akses berlangganan untuk bisa melakukan penggabungan PDF. Maka dari coba beberapa website dan software diatas untuk menggabungkan file PDF.

Rate this post

Tinggalkan komentar