Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan – Laptop yang tiba-tiba macet atau mengalami hang sepertinya adalah hal yang lumrah dan sering dialami para penggunanya, oleh karena itu kami akan membagikan sedikit solusi cara mengatasi komputer & laptop hang saat baru dinyalakan ketika anda mengalami hal yang tidak menyenangkan ini. Komputer atau laptop mengalami macet tiba-tiba atau hang biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan sistem, selain itu bisa juga karena ada kerusakan pada perangkat keras atau hardware, penyebab lain bisa karena kerja komputer yang terlalu berat atau menumpuknya file sampah.

Langkah-langkah Mengatasi Laptop Hang Atau Macet

Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan
Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Dibawah ini kami akan membagikan beberapa solusi yang bisa anda terapkan sebagai cara mengatasi komputer & laptop hang saat baru dinyalakan. Solusi yang pertama adalah dengan menekan secara bersamaan tombol Ctrl, Alt dan Delete. Setelah itu akan muncul tampilan dengan beberapa macam pilihan seperti Lock, Switch User, Sign Out, Change a Password, dan Task Manager, serta pada bagian pojok kanan bawah terdapat beberapa tombol diantaranya adalah tombol Power. Hal yang harus anda lakukan adalah mengklik tombol Power tersebut dan memilih menu Restart maka komputer anda akan menjalankan ulang programnya.

Baca juga : Cara Membuat Akun Telegram dengan Email

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab laptop hang adalah banyaknya data-data yang tidak penting serta terdapat software atau aplikasi yang berjalan secara bersamaan dalam waktu lama. Sehingga jika telah berhasil masuk pada windows, solusi yang kedua adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan atau tidak diketahui. Caranya adalah dengan mengklik tombol Start dan memilih menu Control Panel dan mengklik pada pilihan Programs. Setelah itu akan muncul semua aplikasi-aplikasi yang telah terinstall di komputer atau laptop anda, sehingga anda perlu menghapus aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak penting atau tidak anda ketahui karena aplikasi tersebut dapat membuat kinerja atau beban laptop menjadi lebih berat.

Cara menghapus aplikasi yang tidak penting tersebut adalah dengan mengklik aplikasi yang ingin dihapus dan pilih Uninstall. Jika sudah menghapus beberapa aplikasi maka anda perlu melakukan Restart lagi pada komputer atau laptop. Jika solusi pertama dan kedua tidak bisa anda lakukan dan komputer atau laptop masih dalam kondisi macet atau hang maka ada solusi yang terakhir. Cara ini cukup mudah yaitu dengan menekan tombol Power pada keyboard dan menahannya selama kurang lebih 30 detik hingga laptop atau komputer anda melakukan Restart ulang secara otomatis ataupun melakukan Shut Down.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel

Jika sudah demikian anda bisa menyalakannya kembali secara normal. Cara ini menggunakan fungsi emergency yang disematkan oleh setiap produsen pada laptop buatannya, dan dikenal dengan istilah Hard Shut Down. Sayangnya solusi yang ketiga ini tidak dianjurkan dan dapat anda lakukan jika kedua solusi yang sebelumnya sudah tidak dapat lagi digunakan. Hal ini karena solusi ketiga ini dilakukan dengan mematikan paksa kerja laptop sehingga dapat menyebabkan laptop atau komputer anda akan cepat mengalami kerusakan.

Demikian adalah beberapa solusi cara mengatasi komputer & laptop hang saat baru dinyalakan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan komentar