5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel Paling Mudah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel – Saat ini pulsa menjadi kebutuhan yang penting dalam berkomunikasi. Namun seringkali terjadi tidak bisa cek pulsa Telkomsel saat ingin melakukan pengisian ulang. Penyebab kartu Telkomsel tidak bisa cek pulsa dapat bermacam-macam. Oleh karena itu perlu diketahui cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel agar kegiatan komunikasi tetap berjalan lancar.

Tanda-tanda tidak bisa cek pulsa Telkomsel umumnya terdapat X di jaringan Telkomsel serta layanan lainnya. Penyebab paling sering kartu Telkomsel tidak bisa cek pulsa adalah kartu terblokir akibat masa aktif habis, kartu dalam masa tenggang dan terjadi gangguan jaringan. Berikut cara untuk mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel paling mudah dilakukan:

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel Paling Mudah

cara mengatasi tidak bisa cek pulsa telkomsel
cara mengatasi tidak bisa cek pulsa telkomsel

1. Cek Pulsa Secara Berulang Melalui Dial Atau SMS

Tidak berhasilnya perintah untuk cek pulsa dapat disebabkan oleh jaringan sibuk. Pengecekan pulsa dapat dilakukan melalui panggilan/dial dan SMS. Jika melalui panggilan, cek pulsa melalui dial ke *888#. Saat menu sudah muncul, maka pilih cek pulsa dan kuota lalu dilanjutkan perintah cek pulsa. Selanjutnya akan muncul jumlah pulsa yang diminta.

Pengecekan melalui SMS dianggap memiliki jaringan yang lebih stabil dibandingkan dial. Langkah yang dilakukan adalah masuk ke menu tulis pesan lalu mengetik UL<spasi>INFO, kirim ke 3636. Setelah beberapa saat, pihak Telkomsel akan mengirim balasan mengenai jumlah pulsa dan kuota yang tersisa.

Baca juga : Cara Mengatasi Limit Google Drive Di Android

2. Hidupkan Mode Pesawat

Cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel selanjutnya adalah mengaktifkan mode pesawat pada menu navbar. Mode ini berfungsi mematikan keseluruhan jaringan. Selain itu juga berfungsi merefresh atau mengatur ulang jaringan saat ada masalah.

Saat pengecekan dengan dial dan SMS tidak berhasil dan muncul pesan “MMI tidak berlaku”, maka aktifkan mode ini dan diamkan beberapa detik. Setelah itu matikan kembali, lalu akan terjadi restart jaringan. Proses ini diharapkan dapat memunculkan jumlah sisa pulsa karena jaringan telah termuat ulang kembali.

3. Ubah Mode Jaringan Dan Restart HP

Smartphone dan kartu provider masa kini telah mendukung jaringan 4G. Akan tetapi jaringan ini belum merata di semua wilayah. Ketika berada di wilayah yang tidak mendukung maka bisa menjadi penyebab gagalnya cek pulsa. Oleh karena itu ubah mode jaringan 4G ke mode jaringan 3G atau 2G, lalu lakukan pengecekan pulsa kembali melalui dial maupun SMS.

Jika langkah sebelumnya belum membuahkan hasil, maka lakukan Restart HP. Caranya adalah pilih opsi restart pada pengaturan ponsel, atau matikan HP secara langsung lalu tunggu beberapa detik dan hidupkan kembali. Restart HP membuat perangkat mencari jaringan baru yang lebih baik, sehingga diharapkan dapat memunculkan jumlah pulsa kembali.

Baca juga : Cara Ganti Nama Di Facebook di HP Android

4. Hubungi Call Center, Media Sosial, Maupun Aplikasi MyTelkomsel

Cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel selanjutnya adalah hubungi Call Center dengan ketik 188 dengan biaya Rp. 300/panggilan. Setelah itu klik OK/YES dan katakan bahwa tidak bisa cek pulsa, lalu informasi selanjutnya akan dikirim melalui SMS. Selain menghubungi Call Center, dapat juga bertanya dengan menghubungi media sosial dan aplikasi MyTelkomsel yang dapat diunduh di PlayStore.

5. Kunjungi Website Resmi Atau Datang Ke Gerai Telkomsel Terdekat

Jika cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel yang telah disebutkan sebelumnya tidak berhasil, dapat ditanyakan secara langsung melalui website resmi maupun kunjungi gerai terdekat. Terutama dengan datang ke gerai, masalah bisa langsung ditangani oleh CS. Customer akan mendapatkan penjelasan cara mengatasi tidak bisa cek pulsa secara lengkap.

Penyebab gagalnya cek pulsa Telkomsel dapat bergantung pada kondisi dan situasi di wilayah tertentu. Oleh karena itu customer harus mengetahui cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel tersebut. Langkah yang telah disebutkan menjadi cara paling mudah yang bisa dilakukan. Jika belum teratasi, maka kunjungi gerai terdekat untuk mendapatkan penjelasan lengkap.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar