Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah dan Cepat

Cara ganti password gmail pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah apabila mengetahui langkah-langkah yang tepat. Gmail sendiri merupakan fasilitas yang diberikan oleh Google bagi para penggunanya sebagai media surat elektronik. Melalui Gmail banyak hal yang bisa dilakukan termasuk untuk mengakses berbagai macam platform yang pada umumnya membutuhkan alamat email.

Meskipun masih ada jenis-jenis surat elektronik lainnya selain Gmail, produk Google ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang memiliki pengguna paling banyak. Gmail sendiri bisa didapatkan secara gratis dan biasanya saat membeli smartphone Gmail sudah ada di dalamnya bersamaan dengan fitur-fitur Google lainnya.

Penggunaan Gmail Saat Ini

Penggunaan Gmail dalam kehidupan sehari-hari juga cukup penting sehingga Google terus berupaya untuk meningkatkan segi keamanan melalui berbagai cara. Salah satu yang paling umum dari segi keamanan adalah password yang diterapkan saat akan mengakses Gmail. Setiap orang yang memiliki akun Gmail nya akan dipersyaratkan untuk membuat password demi keamanan ketika melakukan akses.

Biasanya password ini akan diatur ketika melakukan pendaftaran Gmail. Meski demikian ada beberapa hal yang membuat pengguna ingin menukar password yang dimilikinya. Lupa ataupun karena memang ingin mengganti secara sengaja. Beberapa alasan yang cukup relevan dengan penggantian password ini adalah karena kerahasiaannya sudah mulai mengecil atau sudah mulai diketahui orang lain sehingga perlu dilakukan penggantian.

Selain itu bisa juga dikarenakan password lama terbilang lebih merepotkan saat dituliskan sehingga dirasa perlu untuk diganti. Meskipun Gmail ini sudah umum termasuk umum dan sudah banyak yang mengetahui cara mengganti passwordnya, namun tidak jarang terjadi kekeliruan ataupun dikit lupa terkait dengan tahapan-tahapannya. Untuk itu berikut akan dijelaskan cara mengganti password Gmail dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Cara Berlangganan Netflix

Cara Mengganti Password Gmail di Perangkat Android

Cara Ganti Password Gmail
Cara Ganti Password Gmail

Bagi para pengguna Android, penggantian password Gmail bisa dilakukan dengan mudah dan cepat kasih yang telah tersedia di handphone. Apabila aplikasi yang bersangkutan belum ada maka bisa dilakukan pendownloadan terlebih dahulu supaya proses penggantian password Gmail berjalan lebih mudah. Adapun cara mengganti kata sandi atau password Gmail di Android adalah sebagai berikut.

  • Pertama Silahkan buka aplikasi Gmail pada handphone Android. Biasanya ditandai dengan ikon berbentuk amplop warna merah dan putih
  • Lanjutkan dengan menyentuh ikon tersebut dan pergilah ke menu pengaturan atau setting pada bagian bawah.
  • Pilihlah akun Gmail kemudian pilih  akun yang ingin diubah kata sandinya.
  • Lanjutkan dengan memilih menu manage your google account. Untuk menemukan benda tersebut, posisinya berada di bagian atas judul tepatnya di bawah account. Setelah itu halaman setting akun Google akan terbuka.
  • Geserlah layar ke arah kirim bagian tab security. Untuk memudahkan pencarian silakan klik menu bergaris tiga di bagian pojok kanan bawah.
  • Geser kembali layar dan sentuhlah password. Untuk menemukan opsi ini lokasinya berada di bawah judul signing in to Google.
  • Silakan masukkan password yang digunakan saat ini ciptaan dengan menyentuh tombol next. Setelah itu pengguna akan dibawa ke halaman password.
  • Silakan ketikan password baru di bagian kolom atas dan pastikan bahwa password yang baru memuat 8 karakter dengan adanya campuran dari huruf, simbol dan nomor.
  • Setelah itu pengguna juga perlu mengetikkan password yang baru di kolom confirm new password. Bahwa yang diketik kan memang harus sama dengan password yang sudah dituliskan di kolom bagian atas.
  • Jika sudah maka akhiri dengan menyentuh bagian bertuliskan change password. Dengan begitu password Gmail yang baru sudah bisa digunakan dan yang lama tentu sudah berubah.

Mengganti Password Gmail Melalui Perangkat iOS

Bagi pada pengguna iOS, cara ganti password gmail juga bisa dilakukan dengan mudah. Adapun cara melakukan penggantian password Gmail melalui perangkat iOS adalah sebagai berikut:

  • Pertama Silahkan buka aplikasi Gmail kemudian sentuhlah menu berbentuk garis 3 yang ada di bagian pojok kiri layar atas.
  • Pilihlah menu pengaturan atau setting. Untuk pilihan ini akan ditampilkan pada bagian bawah menu.
  • Silakan pilih akun yang ingin diubah kata sandinya.
  • Lanjutkan dengan memilih bagian manage your google account. Pengguna bisa melihat tampilan ini di bagian atas halaman
  • Silakan pilih sign in and security. Pengguna bisa menemukannya diatas halaman.
  • Password dan kolom untuk login akan terbuka.
  • Jika sudah maka silakan entri kan kata sandi yang digunakan sekarang lalu sentuh tombol sign in.
  • Halaman password akan muncul dan pengguna akan diperintahkan untuk mengisikan password yang baru. Silakan isikan password yang baru pada kolom pertama dan kolom kedua. Kolom ini masing-masing bertuliskan new password dan confirm new password.
  • Akhiri dengan memilih change password. Jika sudah maka kata sandi atau password Gmail sudah berhasil diubah.

Baca juga : Cara Memperbesar Ukuran JPG

Cara Mengamankan Akun Gmail

Pada dasarnya ada beberapa yang bisa diterapkan untuk bisa mengamankan akun Gmail yang dimiliki. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui para pengguna karena Gmail bisa saja menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk urusan bisnis pekerjaan dan lainnya. Oleh sebab itu beberapa tips yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, biasakanlah untuk sign out atau keluar dari semua akun gmail secara berkala apabila dirasa perlu. Misalnya saja saat terdapat kondisi tertentu tentang file yang perlu dijaga kerahasiaannya di dalam akun gmail yang bersangkutan.
  • Kedua, pastikan bahwa orang-orang yang diberi akses untuk membuka Gmail merupakan orang-orang yang percaya. Dengan kata lain tidak boleh sembarangan dan harus benar-benar selektif.
  • Apabila sudah dirasa aman maka bisa mengaktifkan two step authenticator lewat Google Play Store maupun App Store untuk menyimpan kode autentikasi yang berasal dari akun Gmail.

Tips Membuat Kata Sandi Gmail yang Baru

Setelah mengetahui cara melakukan penggantian password atau kata sandi Gmail, maka terdapat satu lagi  hal yang bisa diterapkan yakni tips membuat password Gmail yang baru. Hal ini bisa diterapkan supaya pengguna dapat akunnya dengan baik melalui adanya password. Adapun tips yang bisa dilakukan ketika membuat password adalah sebagai berikut:

  • Pertama buatlah password sepanjang mungkin supaya sulit untuk dihafal oleh orang yang tidak berkepentingan
  • Selanjutnya Buatlah password kata dan juga angka yang sulit ditebak siapa saja
  • Gunakan simbol, angka, kombinasi huruf kapital dan juga huruf kecil supaya tidak mudah untuk dihafal dan juga diretas oleh orang lain
  • Jangan sesekali mencoba untuk memasukkan informasi personal yang pada umumnya mudah ditebak
  • Buatlah password yang berlainan dalam setiap akun yang dimiliki termasuk untuk akun Gmail apabila memiliki lebih dari satu.

Demikianlah informasi mengenai cara ganti password gmail. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi.

Tinggalkan komentar