5 Software VoIP Berbasis Open Source Gratis

Software VoIP Berbasis Open Source – VoIP merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung secara real time dengan suara melalui jaringan internet protocol atau IP. Teknologi ini dioperasikan melalui perangkat seluler dan PC. Kini aktivasi VoIP digunakan untuk menyampaikan komunikasi suara melalui internet. Adapun daftar software VoIP berbasis open source gratis sebagai berikut:

5 Software VoIP Berbasis Open Source Gratis

software voip berbasis open source
software voip berbasis open source

Elastix

Pada nomor satu terdapat software VoIP berbasis open source gratis bernama Elastix. Semula software ini berbasis Asterisk. Software ini menawarkan server komunikasi terpadu open source seperti email, IM, fax, IP PBX, FreePBX, Openfire, HylaFAX, serta Postfix. Semua fitur ini dikemas Elastix dalam satu interface yang ramah pengguna dan mudah dioperasikan.

Salah satu distribusi pertama yang menyertakan modul pusat panggilan dengan dialer prediktif ini juga menawarkan banyaknya dukungan perangkat keras. Adapun di antaranya seperti Yeastar, Yealink, Dinstar, Digium, dan Snom. Semua fitur yang ditawarkan oleh Elastix ini bersifat open source gratis dalam lisensi publik umum (GNU).

FreePBX

Selanjutnya, terdapat FreePBX yang dapat digunakan sebagai aplikasi open source guna membuat akses server VoIP gratis untuk penggunanya. FreePBX tersedia dalam interface pengguna grafis berbasis website  atau GUI yang berguna untuk memudahkan pengguna mengelola sistem. Pada dasarnya, sistem FreePBX juga berbasis Asterisk.

Baca juga : Cara Masuk Telegram di Laptop

Kurang lebih untuk fitur yang ditawarkan oleh FreePBX sama seperti kebanyakan software untuk membuat server VoIP lainnya. Dengan kata lain, jika pengguna belum memiliki FreePBX versi GUI, pengguna bisa menambahkan versi GUI saja untuk ditambahkan ke versi yang sudah ada.

Asterisk

Disebut di beberapa keterangan software lainnya, rupanya Asterisk merupakan software pertama dari seluruh aplikasi penyedia server VoIP dan PBX open source yang ada. Meski telah dirilis sejak lama, Asterisk hingga kini masih beroperasi dan bahkan disebut sebagai software VoIP berbasis open source terbaik.

Hal demikian sebenarnya wajar saja, sebab penggunaan alat Asterisk di dominasi oleh perusahaan besar di seluruh dunia. Asterisk mengantongi banyak fitur seperti panggilan konferensi, distribusi panggilan otomatis, respon suara interaktif, dan masih banyak lainnya. Dengan Asterisk semua komputer bisa diubah menjadi server komunikasi terpadu.

FreeSWITCH

Semula aplikasi ini juga berbasis Asterisk. FreeSWITCH dikembangkan oleh Brian West, Anthony Minessale II, dan Michael Jerris. Aplikasi ini berfokus pada modulatory dengan tambahan teknologi dukungan lintas platform serta stabilitas dan skalabilitas yang dapat mendukung penggunanya menciptakan UC suite nya sendiri. Dengan platform PBX lainnya, FreeSWITCH dapat terintegrasi dengan mudah.

Baca juga : Cara Daftar Zoom Berbayar

Selain itu, FreeSWITCH juga mendukung SIP, WebRTC, dan H.323. Aplikasi ini menyediakan pustaka software yang tersedia secara terbuka atau open source untuk memudahkan penggunanya mengoperasikan sistemnya yang kompleks. Sebagai tambahan informasi, FreeSWITCH menyediakan fitur pengenalan sintesis suara, interface PSTN untuk jenis sirkuit analog maupun digital, serta fitur panggilan biasa.

SIP Foundry

Terakhir ada software VoIP berbasis open source gratis yang digadang-gadang sebagai pesaing terberat dari Asterisk. Ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fitur serupa yang ada di Asterisk. Aplikasi yang didirikan di tahun 2004 ini dapat membangun komunikasi suara dan video, pesan terpadu, IM, klien selular, dan membangun komunikasi konferensi mandiri untuk penggunanya.

Itulah daftar software VoIP berbasis open source yang dapat digunakan gratis tanpa biaya untuk membangun komunikasi suara terpadu secara mandiri. Penggunaan teknologi VoIP akan sangat efektif untuk membuat alur komunikasi terpadu terutama untuk pengguna dengan instansi atau perusahaan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar