5 Cara Mematikan Windows Update Windows 10 Permanent

User laptop atau komputer harus mengetahui cara mematikan windows update windows 10 permanent karena hal tersebut dapat menghentikan update dan menghemat kuota internet. Windows 10 lebih sering update dibandingkan dengan versi lainnya, apalagi bila terhubung ke wifi atau internet. Berikut cara mematikan windows update secara permanent:

5 Cara Mematikan Windows Update Windows 10 Permanent

cara mematikan windows update windows 10 permanent
cara mematikan windows update windows 10 permanent

Melalui Windows Service

Windows Service berisi kumpulan aplikasi yang berjalan di laptop atau komputer, tentunya windows update ada didalamnya dan terus berjalan di latar belakang. Jika melakukan langkah ini maka windows update serta program Startup tidak akan aktif lagi. Langkah mematikannya pun cukup mudah, buka Run dengan shortcut windows + R.

Setelah Run muncul, ketikkan services.msc lalu klik Enter. Proses akan berlanjut ke panel Services, carilah Windows Update pada daftar nama yang ada. Klik dua kali dan akan menampilkan Windows Update Properties (Local Computer). Ubahlah Startup type yang sebelumnya Manual ke Disabled kemudian klik Stop dibawah Running lalu klik Apply dan OK.

Melalui Group Policy Editor

Group Policy Editor merupakan fitur dari windows yang digunakan untuk melihat, membuat, memodifikasi group policy serta fitur untuk konfigurasi windows update.  Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan meng-klik windows + R dan ketik gpedit.msc lalu klik Enter.

Baca juga : Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Pilihlah Computer Configuration dan klik Administrative Templates, selanjutnya akan masuk ke Windows Components dan pilih menu Windows Update. Masuklah pada Configure Automatic Updates dan pilihlah Disabled lalu OK. Jika telah sampai pada tahap ini, maka windows update telah dimatikan, untuk menghidupkannya lagi ubahlah Disabled menjadi Enabled.

Melalui Command Prompt

Command Prompt adalah aplikasi bawaan dari windows yang digunakan untuk mengetikkan perintah dengan fungsi beragam, salah satunya untuk mematikan windows update. Perintah stop digunakan untuk mematikan update dan perintah start untuk mengaktifkan update. Ada tiga perintah yang diketikkan pada CMD secara bertahap.

Pertama, buka Command Prompt lalu ketikkan perintah awal yaitu net stop wuauserv dan klik Enter, yang kedua ada net stop bits lalu klik Enter dan yang terakhir adalah net stop dosvc kemudian klik Enter. Jika semua perintah berhasil maka akan ada keterangan successfully, keterangan tersebut menandakan bahwa windows update sudah dimatikan.

Menggunakan Win Update Stop

Selain melalui fitur bawaan, cara mematikan windows update windows 10 permanent juga bisa dilakukan melalui aplikasi bernama Win Update Stop. Cara ini lebih mudah karena hanya perlu menginstall Win Update Stop dan buka aplikasi tersebut, setelah itu kliklah Disabled untuk mematikan windows update.

Baca juga : Cara Merubah Suara Telepon di WhatsApp

Sebaliknya, bila ingin mengaktifkannya kembali cukup dengan membuka aplikasi tersebut lalu klik Enable maka windows update akan aktif. Aplikasi ini dapat ditemukan di Google, sistem operasi yang digunakan bisa Windows versi 7 SP1, 8, 10 dan 11. Win Update Stop ini bisa dipasang pada sistem 32 bit atau 64 bit.

Melalui Registry Editor

Registry Editor atau regedit.msc bisa ditemukan pada pencarian atau Start Menu. Cara ini cukup susah karena ada beberapa tahap untuk masuk ke regedit dan mematikan windows update. Tenang saja, cukup perhatikan dan lakukan secara teliti. Langkah awal masuk ke regedit lalu akses menu regedit HKEY_LOCAL_MACHINE dan pilih SOFTWARE kemudian klik Microsoft.

Pilih dan klik kanan Windows lalu New serta buatlah Key dengan nama WindowsUpdate. Pada WindowsUpdate, klik kanan dan pilih New lalu Key, berilah key tersebut dengan nama AU. Masuk pada AU lalu New dan klik DWORD (32-bit) Value, berilah nama NoAutoUpdate. Klik dua kali NoAutoUpdate dan isi nilai Value data antara 1 untuk mematikan dan 0 untuk mengaktifkannya, lalu klik OK.

Nah, itu tadi berbagai cara mematikan windows update windows 10 permanent yang bisa dilakukan. Mulai dari yang mudah hingga yang cukup susah namun intinya sama yaitu untuk mematikan windows update. Selain ada kelebihan, ada pula kelemahan dari mematikan windows update diantaranya tidak mendapatkan support terbaru dan fitur yang tersedia tidak maksimal.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar