Inilah Rahasia Cara Hemat Kuota YouTube di HP

Cara Hemat Kuota YouTube – YouTube merupakan salah satu situs yang telah diakses oleh pengguna hampir di seluruh dunia dari semua kalangan. Milyaran video YouTube dapat dengan leluasa ditonton, sehingga konsumsi kuota data internet pun sangat besar. Oleh karena itu, dibutuhkan cara hemat kuota YouTube agar tetap nyaman dalam menonton video.

Mengakses YouTube dengan positif akan memberikan banyak sekali manfaat, seperti bisa untuk belajar, mencari beberapa tips, mencari hiburan, dll. Menonton video YouTube bisa menghabiskan durasi yang lama, tentunya hal ini tidak menjadi masalah bagi yang menggunakan WiFi. Beda halnya jika menggunakan kuota internet, maka dibutuhkan tips untuk menghemat data tersebut, yaitu sebagai berikut:

6 Cara Hemat Kuota YouTube di HP

cara hemat kuota youtube
cara hemat kuota youtube

Atur Batas Penggunaan Data

Membatasi penggunaan data menjadi cara yang sangat ampuh untuk menghemat kuota internet selama menonton video YouTube. Cara membatasi penggunaan data yaitu masuk pada pengaturan hp > koneksi > penggunaan data > aktifkan penghemat data > atur sesuai keinginan. Pada pengaturan tersebut juga dapat dilihat jumlah penggunaan data pada bulan ini.

Atur Kualitas Video

Jika tidak melakukan pengaturan kualitas video, YouTube biasanya secara otomatis mengatur resolusi video sesuai dengan kecepatan internet yang dimiliki. Kuota internet pada hp akan cepat habis jika menonton video YouTube dengan kualitas tinggi atau HD. Oleh karena itu, dibutuhkan cara hemat kuota YouTube dengan mengatur kualitas video.

Baca juga : Cara Agar TikTok Masuk FYP

Cara mengatur kualitas video adalah buka video > klik titik tiga pojok kanan atas > kualitas > pilih penghemat data (kualitas gambar lebih rendah). Pilihan untuk penghemat data ini biasanya video akan beresolusi sekitar 240p-144p. Jika resolusi video tersebut terlalu rendah, dapat memilih opsi lanjutan > pilih kualitas 360p.

Matikan Putar Otomatis Video Berikutnya

Pada saat menonton YouTube terkadang akan membuat lupa waktu, karena banyak sekali video menarik yang bisa ditonton. Menonaktifkan putar otomatis video berikutnya juga dapat membantu untuk membatasi dalam menonton video YouTube, sehingga kuota yang dimiliki pun tetap aman. Caranya yaitu buka YouTube > profil > pengaturan > putar otomatis > nonaktifkan.

Gunakan Fitur Offline Video YouTube

Cara hemat kuota YouTube juga telah disediakan langsung oleh aplikasi YouTube, yaitu fitur offline video. Fitur ini sangat membantu untuk menonton YouTube pada saat sinyal sedang buruk bahkan ketika tidak memiliki kuota internet sekalipun. Selain itu fitur ini juga dapat membatasi video apa saja yang ingin ditonton ketika kuota menipis.

Jika terdapat video yang sangat disukai dan ingin ditonton berkali-kali,  fitur ini akan sangat membantu. Video tersebut bisa didownload terlebih dahulu sebelum ditonton, dengan cara buka video yang ingin didownload > klik download > pilih sesuai resolusi yang diinginkan.

Baca juga : Cek Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail

Gunakan Fitur Mengelola Waktu Mengakses YouTube

Selain menggunakan fitur offline video, juga disediakan fitur untuk cara hemat kuota YouTube lainnya. Salah satunya yaitu menggunakan fitur mengelola waktu mengakses YouTube. Fitur ini akan sangat membantu untuk mengingatkan waktu menonton YouTube. Caranya yaitu buka aplikasi YouTube > klik profil > pilih waktu tonton > aktifkan fitur yang ada di dalamnya.

Install Aplikasi YouTube Go

Aplikasi YouTube go dapat diperoleh dengan menginstalnya dari Google Play Store. Aplikasi tersebut dirancang khusus dan lebih spesifik untuk mengurangi penggunaan kuota menonton video YouTube. Tentunya tampilan pada aplikasi ini super minimal dari aplikasi YouTube yang ada. Pada aplikasi tidak terdapat tombol komentar, like maupun dislike, sharing dll.

Demikian beberapa cara hemat kuota YouTube yang dapat diterapkan di hp. Cara-cara diatas dapat digunakan untuk menonton video YouTube secara online maupun offline. Selain itu, mengatur waktu penggunaan hp akan sangat membantu untuk menghemat kuota internet yang dimiliki.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar