Mengenal Apa Itu Brand Awareness & Bagian Pentingnya

Brand awareness dibutuhkan mereka pemilik usaha dimana konsumen dapat mengenali ataupun mengingat produk yang mereka jual mulai dari nama brand, gambar, logo, slogan, packaging dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, izinkan kami dari Terminal Tekno ingin berbagi sedikit informasi yang berkaitan dengan cara membangun brand awareness yang baik dan bisa diterapkan.

Apa itu Awareness

Awareness adalah secara harfiah memiliki arti kesadaran. Dalam kondisi sadar ataupun mengetahui apa yang sedang terjadi. Di dalam bisnis, awareness memiliki makna yang tidak jauh dari pengertian tersebut. Dan yang paling sering kita dengarkan adalah kata “Brand Awareness“.

Nah, sekarang apa yang dimaksud dengan Brand Awareness?

Brand Awareness atau bisa kita sebut kesadaran merek. Sampai batas mana para konsumen dapat mengingat atau mengenali brand produk kita dalam kondisi yang berbeda. Atau juga dapat diartikan sebagai konsumen memiliki pengetahuan ataupun informasi yang berkaitan dengan sebuah brand.

Brand awareness itu sendiri terdiri atas 2 komponen. Pertama yaitu ingatan brand dan kedua adalah pengenalan brand. Kedua komponen ini terkesan beda secara fundamentalnya, karena ingatan akan sebuah brand produk dikaitkan dengan pengambilan memori, sedangkan pengenalan brand melibatkan pengenalan objek. Nah, ingatan brand dan pengelanan brand ini memiliki peran penting dalam proses pengambulan keputusan terhadap pembelian konsumen dan dalam komunikasi pemasaran.

Para konsumen akan membeli salah satu produk dari 3 brand teratas yang ada di dalam pertimbangan mereka. Karena telah terbukti para konsumen hanya akan membeli produk yang sudah mereka kenali dengan baik dan sudah pernah menggunakannya.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Mengenal Brand Awareness
Mengenal Brand Awareness

Mengapa brand awareness itu penting? Bagi rekan – rekan yang memiliki bisnis, brand awareness sangat penting karena tidak dapat mengundang si konsumen untuk membeli produk dari brand kita tidak hanya sekali, tetapi membuat mereka membeli produk kita berkali – kali.

Para konsumen akan lebih percaya kepada pemilik jasa ataupun produk yang sudah dan mudah mereka kenali. Misalnya dari logo maupun tagline produk, brand yang kita miliki adalah brand yang pertama kali muncul ketika mereka lagi memikirkan produk yang akan mereka beli.

Ketika para konsumen puas dengan produk atau jasa dari produk kita. Ini berkesempatan besar untuk mereka menggunakan produk dan jasa kita, dan dengan senang hati mereka juga akan merekoemdnasikan produk dan jasa kita kepada orang lain.

Membangun brand awareness ini sangat penting untuk mengenalkan produk kamu kepada konsumen, sehingga produk kamu semakin mudah dikenali dan dipakai oleh para calon konsumen.

3 Bagian Penting Brand Awareness

Ada 3 bagian penting dari brand awareness tersebut, diantaranya :

Brand Recognition

Brand recognition atau sering dikenal dengan istilah aided recall. Dimana kemampuan konsumen untuk dapat mengenali sebuah produk ketika mereka sedang melihat produk tersebut. Konsumen belum tentu mengingat nama produknya, tetapi konsumen dapat mengenali produknya ketika melihat visual produk tersebut dari tampilannya, logo, slogan, ataupun warnanya.

Brand Recall

Brand recall atau yang sering dikenal dengan istilah unaided recall atau spontaneous recall. Dimana mengacu pada kemampuan para konsumen dalam mengingat nama sebuah merek dari memori yang mereka miliki berdasarkan kategori produknya.

Pada fase ini, para konsumen hanya cukup mendengarkan kategori produk ataupun hanya melihat sekilas produk yang sedang mereka butuhkan untuk mengingat merek dari produk tersebut. Ketika brand yang kamu miliki sudah berada pada fase ini, berarti konsumen sudah memilkiki ingatan atas brand dari produk kamu.

Dalam hal ini, kemampuan konsumen untuk mengingat itu dipengaruhi oleh beberapa faktor diantara brand lolayti dan frekuensi pemakaian produk tersebut.

Jika si konsumen semakin sering menggunakan produk yang kita miliki, dan memiliki ketertarikan terhadap produk kita. Maka mereka akan dengan gampangnya mengingat brand produk yang kita miliki dari seringnya mereka menggunakan produk tersebut.

Top-of-Mind Awareness

Top-of-Mind awareness (TOMA) ini mengacu kepada brand ataupun produk tertentu yang muncul pertama kali disaat si konsumen sedang memikirkan industri ataupun kategori tertentu.

Kesimpulan

Untuk mengenalkan brand kamu dengan mudah kepada konsumen salah satunya adalah dengan membangun website yang menjual. Untuk membangun sebuah website yang bagus kamu memerlukan yang namanya domain sebagai alamat website kamu.

Untuk membeli domain murah kamu bisa menggunakan layanan dari Niagahoster. Salah satu penyedia layanan pembelian domain dan hosting yang sudah sangat terpercaya.

Demikian informasi mangenai mengenal brand awareness dan bagaimana cara membangun brand awareness yang baik. Semoga informasi yang kami hadirkan bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu bagi rekan – rekan pembaca. Terima kasih.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment