Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Mengetahui WhatsApp yang Dihapus

Cara Mengetahui WhatsApp yang Dihapus – WhatsApp ialah aplikasi yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat dari segala usia. Tidak hanya dibicarakan, namun juga menjadi aplikasi komunikasi utama bagi masyarakat Indonesia. Pada aplikasi ini, memungkinkan penggunanya untuk menghapus pesan sehingga tidak terbaca. Namun, masih ada cara mengetahui WhatsApp yang dihapus agar bisa tetap terbaca.

Pesan yang dihapus di WhatsApp tentunya akan membuat penasaran. Walaupun memang tujuan utama dihapusnya pesan ialah agar tidak bisa dibaca oleh penerima pesan. Meskipun begitu, ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk mengetahui pesan yang telah dihapus tersebut. Berikut cara yang perlu dilakukan untuk mengetahuinya:

Inilah 5 Cara Mengetahui WhatsApp yang Dihapus

cara mengetahui whatsapp yang dihapus
cara mengetahui whatsapp yang dihapus

Mencadangkan Chat Di Drive

Cara pertama untuk mengetahui pesan WhatsApp  yang telah dihapus ialah dengan mencadangkan chat di Drive. Chat yang dicadangkan atau disimpan di Drive akan mencakup chat yang terhapus.

Cara mengetahui WhatsApp yang dihapus melalui drive ini cukup mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu buka menu setelan. Pada menu setelah, klik pilihan cadangkan pesan atau chat. Barulah setelah itu pilih cadangkan chat ke Drive sesuai dengan waktu yang diinginkan. Maka, pesan yang terhapus kini terlihat dan bisa diketahui melalui Drive.

Menginstal Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara kedua ialah dengan menghapus instalasi WhatsApp lalu menginstal ulang kembali. Saat proses penginstalan kembali, WhatsApp akan memberikan pilihan restore pesan lama. Pilihan restore ini bermaksud untuk mengembalikan chat yang sebelumnya pernah dilakukan.

Baca juga : Cara Mengunci Aplikasi HP Oppo

Dalam hal ini, pengguna akan mampu mengembalikan pesan lama bahkan yang telah terhapus sekalipun. Caranya pun mudah, hapus dan download kembali aplikasi WhatsApp. Barulah kemudian instal seperti biasa. Setelah proses instalasi, WhatsApp akan memberikan pilihan restore atau pengembalian data pesan sebelumnya dan klik ok.

Mengekspor Pesan

Cara mengetahui WhatsApp yang dihapus selanjutnya ialah dengan cara mengekspor pesan. Proses ekspor pesan ini hampir sama dengan mencadangkan chat di Drive. Bedanya ialah proses ini hanya berlaku pada 1 pengguna saja.

Caranya yaitu dengan masuk menu setelah, kemudian pilih menu pesan dan riwayat pesan. Setelah itu pilih menu ekspor pesan pada kontak yang diinginkan. Kemudian, pesan dari kontak yang terpilih akan diekspor dalam bentuk txt. File tersebut pun bisa diunduh pada Drive melalui email pengguna.

Mengembalikan Pesan Dengan Nova

Nova ialah aplikasi yang menyediakan fitur pengembalian pesan WhatsApp dalam jangka waktu kurang lebih 68 menit. Jika ingin menggunakan aplikasi Nova ini, pengguna perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Melihat Wifi Yang Tersembunyi

Setelah aplikasi selesai diunduh dan diinstal seperti biasa, pilih menu setelan dan klik menu log notifikasi. Setelah itu, notifikasi akan ditampilkan di layar ponsel terkait dengan pesan yang dihapus. Kemudian, pesan tersebut bisa dibaca kembali melalui aplikasi Nova dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Melihat Pesan Terhapus Dengan WhatsRemoved

Selain aplikasi Nova, cara mengetahui WhatsApp yang dihapus lainnya ialah dengan menggunakan aplikasi WhatsRemoved. Umumnya aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi Nova, yakni memungkinkan pengguna untuk melihat kembali pesan yang telah dihapus.

Bedanya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat pesan yang dihapus selain pada aplikasi WhatsApp. Pada menu aplikasi nantinya akan disajikan pilihan aplikasi apa saja yang bisa diakses atau dihubungkan dengan WhatsRemoved. Tentunya berhubungan dengan melihat pesan yang telah dihapus sebelumnya.

Itulah beberapa cara mengetahui WhatsApp yang dihapus yang wajib diketahui. Beberapa aplikasi dan cara diatas memiliki aturan tersendiri yang berbeda-beda. Meskipun berbeda cara, tujuannya tetaplah sama yakni digunakan untuk melihat kembali pesan yang sebelumnya telah dihapus.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar