Inilah 5 Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi Paling Ampuh

Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi – Peran Hp dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, terlebih di kalangan pekerja dan pelajar. Namun seringkali ditemukan touchscreen Hp yang error salah satunya adalah Xiaomi. Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah charger yang digunakan tidak asli. Lalu bagaimana cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi yang ampuh dan mudah untuk dilakukan?

Tidak hanya itu, terkadang software yang gagal juga menjadi penyebab dari touchscreen Hp yang error. Kerusakan seperti ini memang kerap terjadi pada Hp jenis Xiaomi. Ada 5 cara untuk mengatasi kerusakan tersebut tanpa perlu membongkar Hp. Simak penjelasan  berikut untuk mengetahui cara mengatasi touchscreen yang error :

5 Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Xiaomi Paling Ampuh

cara mengatasi touchscreen error pada xiaomi
cara mengatasi touchscreen error pada xiaomi

1. Melakukan Restart

Cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi yang pertama yaitu dengan melakukan restart. Cara ini sudah umum dilakukan apabila terdapat kerusakan ringan pada Hp. Setelah beberapa menit hidupkan kembali dan cek touchscreen Hp.

Kejadian seperti ini biasa terjadi karena Hp terlalu sering digunakan untuk bermain game. Saat Hp dalam kondisi panas maka sistemnya tidak akan berjalan normal sehingga menyebabkan touchscreen menjadi error. Selain itu, rajin update aplikasi apabila terdapat pembaruan agar Hp tidak mengalami lag.

2. Membersihkan Layar Hp

Salah satu penyebab touchscreen error adalah karena banyaknya kotoran pada layar Hp. Maka dari itu rutin membersihkan layar Hp sangat perlu untuk dilakukan. Kotoran yang lengket pada layar Hp membuat touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu bersihkan layar Hp menggunakan kain halus agar tidak merusak layar.

Baca juga : Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti

Jika perlu gunakan cairan pembersih agar semua kotoran terangkat dengan sempurna. Namun apabila menggunakan cairan pembersih, pastikan layar Hp dalam kondisi kering sebelum digunakan. Sebab, apabila layar Hp masih dalam kondisi basah atau lembab maka touchscreen tidak berfungsi dengan baik.

3. Menggunakan Charger Asli

Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada layar Hp maka disarankan untuk menggunakan charger asli bawaan pabrik. Menggunakan charger yang bukan ori menjadi salah satu penyebab touchscreen error. Arus listrik yang berlebihan atau tidak stabil membuat layar Hp tidak berfungsi maksimal.

Selain itu, menggunakan charger asli akan membuat baterai Hp menjadi awet dan tidak mudah rusak. Jika sudah menggunakan charger asli maka rawat sebaik mungkin agar tidak mudah rusak. Misalnya, melepas charger setelah selesai digunakan.

4. Membuka Pelindung Layar

Menggunakan pelindung layar sudah kerap dilakukan bagi pengguna smartphone. Bagaimana tidak, pelindung layar atau anti gores sangat berperan penting untuk melindungi layar asli Hp dari goresan. Namun sebelumnya pastikan jika pelindung layar benar-benar bersih. Sebaiknya saat memasang pelindung layar, perhatikan baik-baik kebersihan layar Hp.

Baca juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung

Saat touchscreen mengalami error maka copot pelindung layar terlebih dahulu. Kondisi anti gores Hp yang kotor akan membuat touchscreen error. Terlebih jika pada pelindung layar sudah banyak terdapat goresan hal itu menjadi salah satu penyebab touchscreen error.

5. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi yang terakhir yaitu dengan melakukan reset. Lakukan cara ini apabila beberapa cara diatas belum juga berhasil. Melakukan Factory Reset sama halnya dengan mengembalikan kondisi Hp seperti semula.

Maka dari itu sebelum melakukan reset amankan file penting yang ada di Hp sebab semua file atau dokumen akan terhapus secara otomatis. Amankan pada laptop atau hardisk jika memungkinkan.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi paling ampuh untuk dilakukan. Kerusakan seperti ini masih tergolong ringan namun apabila tidak diatasi dengan cepat maka akan berpengaruh ke sistem lainnya. Maka dari itu lakukan beberapa cara diatas untuk mengembalikan kondisi touchscreen Hp seperti semula.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar