5 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Secara Mudah Dan Cepat

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti – Google Play Store sudah menjadi hal wajib bagi Smartphone. Hal ini terjadi karena sebagian besar perangkat Android menggunakan Google Play dalam mengelola akun hingga menghubungkan data. Apabila Google Play Store bermasalah maka berimbas pada sistem operasi Android terganggu. Berikut 5 cara mengatasi Google Play Store terhenti secara mudah dan cepat:

5 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Secara Mudah Dan Cepat

cara mengatasi google play store terhenti
cara mengatasi google play store terhenti

1. Restart Smartphone

Langkah awal cara mengatasi Google Play Store terhenti adalah dengan merestart Smartphone. Cara ini harus dilakukan guna memberikan penyegaran pada sistem operasi Android, sehingga dapat berjalan secara maksimal. Selain itu, merestart Android dinilai mampu menyelesaikan beberapa masalah yang sering muncul pada Android.

Tekan serta tahan tombol power pada smartphone beberapa saat lalu pilih restart. Tunggu smartphone mati lalu hidup kembali, maka proses restart selesai. Penggunaan metode restart smartphone dapat menyelesaikan masalah pada layanan Google Play Store jika aplikasi Google Play Store tiba-tiba mati disebabkan oleh penumpukan proses komputasi.

2. Bersihkan Data Serta Cache Aplikasi

Pengoperasian aplikasi tak jarang menumpuk atau membuat data-data maupun file secara berulang-ulang. Hal ini berakibat pada adanya penumpukan data serta cache pada penyimpanan. Penumpukan data dan cache membuat aplikasi tidak mampu memperbarui datanya karena aplikasi cenderung menggunakan data lama pada proses yang sama.

Baca juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung

Layanan Google Play Store yang mengalami error maupun tiba-tiba berhenti sering disebabkan oleh hal tersebut. Maka cara mengatasi Google Play Store terhenti yang disebabkan penumpukkan data serta cache adalah melakukan pembersihan. Bersihkan seluruh data dan cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Store, sehingga aplikasi dapat digunakan lagi seperti dahulu.

3. Hapus Pembaruan Layanan Google Play

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Google Play sering melakukan pembaruan ke versi terbaru secara berkala. Proses pembaharuan ini diharapkan semakin mengoptimalkan kinerja aplikasi. Akan tetapi, terkadang pembaruan Google Play Store menyebabkan aplikasi error sebab bug dalam pengembangan maupun smartphone belum mendukung versi tersebut.

Pengguna dapat menangani aplikasi Google Play Store yang tiba-tiba berhenti akibat masalah tersebut dengan menghapus pembaruan aplikasi. Bukalah app management, lalu klik settings. Setelah itu, pilihlah Google Play Services dan klik more options. Langkah terakhir pilihlah uninstall updates, maka pembaharuan aplikasi terhapus.

4. Update Sistem Operasi Android

Penyelarasan sistem operasi pada Android dapat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi Google Play Store. Apabila kompatibilitas minimal tidak dapat terpenuhi, maka aplikasi akan mengalami kendala seperti aplikasi tiba-tiba berhenti. Maka dari itu, sistem operasi pada Android dengan aplikasi Google Play Store harus selaras atau tidak timpang.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot

Cara mengatasi Google Play Store terhenti yang disebabkan masalah tersebut dengan mengupdate sistem operasi. Pengguna perlu memastikan bahwa smartphone sudah menggunakan sistem terbaru. Pengguna dapat memastikannya dengan membuka menu settings dan pilih about. Apabila sistem belum terupdate, cari software update lalu jalankan pemeriksaan pembaruan dan unduh serta pasang pembaharuan.

5. Factory Reset

Pilihlah cara ini sebagai cara terakhir untuk mengatasi Google Play Store tiba-tiba berhenti. Factory reset secara teknis mampu mengembalikan pengaturan serta data dalam smartphone seperti setelan pabrik. Hal ini mengakibatkan keseluruhan data yang tersimpan akan terhapus secara otomatis. Maka, sebelum melakukan factory reset pengguna perlu mencadangkan data-data penting pada smartphone.

Langkah pertama untuk melakukan factory reset adalah dengan membuka menu settings dan cari factory reset. Selanjutnya tekan erase all data atau reset dan konfirmasi, lalu proses factory reset berjalan. Tunggu beberapa saat sampai proses factory reset selesai, maka kondisi smartphone seperti awal keluar pabrik.

Demikian penjelasan 5 cara mengatasi Google Play Store terhenti secara mudah dan cepat. Pastikan dahulu apa penyebab utama aplikasi Google Play Store tiba-tiba berhenti, lalu selesaikan dengan cara yang sudah dijelaskan. Apabila sudah melakukan cara di atas dan Google Play Store masih bermasalah, maka pengguna perlu mengecek virus dalam smartphone.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar