Sangat Mudah! Inilah Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung

Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung – Samsung merupakan salah satu merk HP yang paling banyak digunakan orang. Namun sayang, banyak orang yang mengeluhkan dan kebingungan terhadap memori HP Samsung yang tiba-tiba penuh. Tapi tenang, di bawah ini ada pilihan cara mengatasi memori penuh di HP Samsung. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi khawatir karena memori yang penuh.

4 Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung

cara mengatasi memori penuh di hp samsung
cara mengatasi memori penuh di hp samsung

1. Hapus Cache, Cara Paling Aman dan Banyak Digunakan

Cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang paling aman dan paling sering digunakan adalah menghapus cache HP. Cache merupakan beberapa sampah dari riwayat HP Samsung dan HP merk lainnya. Sampah tersebut bisa berupa riwayat pencarian di browser, riwayat aplikasi, dan sebagainya. Cache bisa dihapus secara manual maupun otomatis.

Untuk menghapus secara manual, pengguna perlu masuk ke pengaturan aplikasi. Kemudian cari aplikasi yang sudah digunakan sebelumnya dan kemudian cari pilihan Kelola aplikasi dan bersihkan cache. Jangan bersihkan data, bersihkan saja cachenya. Karena kalau data yang dibersihkan maka semua penyimpanan akan terhapus.

Sedangkan untuk menghapus secara otomatis bisa menggunakan bantuan aplikasi. Biasanya HP Samsung sudah ada aplikasi bawaan untuk menghapus cache. Namun apabila tidak ada aplikasinya, atau aplikasinya kurang cocok, pengguna bisa mendownload di PlayStore.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot

2. Root HP Samsung, Cara Paling Ampuh Dengan Sedikit Resiko

Melakukan root pada HP bisa terbilang cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang sangat ampuh namun sedikit beresiko. Biasanya melakukan root pada HP Samsung akan menghilangkan garansi dari HP tersebut. Meskipun demikian, sebenarnya hal tersebut tidak masalah selama HP Samsung masih awet dan normal.

Untuk melakukan root HP Samsung bisa dipercayakan kepada tukang service HP. Bisa juga pengguna melakukan root HP Samsung sendiri. Untuk melakukan root secara mandiri, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi KingRoot yang bisa di download di PlayStore. Proses root menggunakan aplikasi ini juga tidaklah sulit.

Untuk memulai root, pengguna hanya tinggal membuka aplikasi KingRoot. Kemudian pilih jalankan proses atau running. Maka aplikasi tersebut akan otomatis melakukan root pada HP Samsung. Tunggu proses root hingga selesai, setelah itu pengguna bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu untuk mengatasi memori penuh.

3. Hapus Data Tidak Penting

Memori penuh pada HP Samsung sudah bisa dipastikan bahwa banyak data yang memenuhi memori. Data bisa bermacam-macam, bisa berupa foto, video, aplikasi, game, dan masih banyak lagi. Untuk itu sebaiknya pilihlah data yang penting-penting saja.

Baca juga : Aplikasi Yang Bekerja Sama Dengan OVO

Tidak jarang pengguna menyepelekan dan tidak teliti dalam penggunaan HP Samsung. Sehingga banyak data tidak penting masuk dan terus disimpan. Sebagai contoh adalah SS atau Screenshot dan file-file di WA grup. Terkadang semua file dan data tersebut bisa tersimpan secara otomatis di HP Samsung.

Untuk menghapus data tidak penting tersebut sangatlah mudah. Pengguna hanya tinggal menuju pengaturan HP atau Pengaturan Telepon/Ponsel. Kemudian cari penyimpanan telepon. Pilih data yang tidak perlu dan hapuslah semua data-data yang sudah tidak berguna atau yang tidak sengaja terdownload.

4. Hapus Aplikasi

Cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang terakhir ini sangat mudah dan cepat. Pengguna hanya tinggal menghapus aplikasi dari HP Samsung. Dengan menghapus aplikasi, maka semua aplikasi dan datanya akan langsung hilang dan mengosongkan memori HP Samsung.

Cara menghapusnya juga sangat mudah, pengguna tinggal menekan lama aplikasi yang akan dihapus. Kemudian akan muncul pilihan info atau delete. Pilih saja opsi delete, maka aplikasi akan langsung hilang beserta data-data aplikasi tersebut.

Pengguna bisa memilih salah satu dari beberapa cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang sudah dibahas sebelumnya. Pilihlah dengan bijak cara apa yang mau diambil. Karena setiap cara mengatasi memori penuh di atas memiliki kelebihan dan kekurangan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar