5 Cara Cek Kesehatan Harddisk Paling Mudah Dan Cepat

Cara Cek Kesehatan Harddisk – Hard disk (HDD) merupakan salah satu komponen kunci di komputer atau laptop. Komponen ini berfungsi sebagai penyimpanan data di komputer atau laptop. Maka dari itu, pengguna perlu melakukan pengecekan secara rutin kondisi kesehatan harddisk di komputer atau laptop. Berikut 5 cara cek kesehatan harddisk paling mudah dan cepat:

5 Cara Cek Kesehatan Harddisk Paling Mudah Dan Cepat

cara cek kesehatan harddisk
cara cek kesehatan harddisk

1. Gunakan Tools Khusus Yang Disediakan Pabrikan Komputer Atau Laptop

Kebanyakan produsen merk hard disk yang sudah memiliki nama besar menyediakan tools khusus untuk cek kesehatan harddisk. Tools ini bisa digunakan oleh penggunanya tanpa dipungut biaya apapun. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu apakah hard disk yang pengguna pakai sudah mengeluarkan tools tersebut atau belum.

Langkah pertama cara cek kesehatan harddisk dengan tools khusus yang disediakan pabrik adalah cek produsen harddisk pengguna. Selanjutnya, masuk halaman resmi harddisk pengguna dan cari utilitas harddisk. Lalu unduh tools yang sudah disediakan produsen. Setelah tools terunduh, gunakan tools tersebut untuk cek kesehatan harddisk komputer atau laptop.

2. Gunakan Tool Windows CHKDSK

Cara cek kesehatan harddisk paling mudah dan cepat selanjutnya adalah menggunakan CHKDSK. Windows CHKDSK merupakan tool khusus bawaan Windows, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Tool ini dapat digunakan untuk memindai dan menemukan kesalahan sistem serta bad sector. Selain itu, CHKDSK mampu memperbaiki masalah pada harddisk.

Baca juga : Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk Hp

Langkah pertama mengoperasikan CHKDSK adalah klik kanan pada harddisk yang akan dicek lalu pilih properties. Selanjutnya, pilih opsi pengecekan harddisk yang tersedia dan pilih check. Maka proses cek kesehatan harddisk dimulai. Apabila harddisk tak bermasalah, maka akan muncul teks tidak perlu memindai kesehatan harddisk.

3. Gunakan HDTune

Aplikasi HDTune merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan cek kesehatan harddisk dengan fitur SMART. Selain itu, HDTune mempunyai fitur error scan yang memiliki fungsi untuk memindai adanya bad sector pada harddisk. Aplikasi ini bisa diunduh dengan bebas melalui website resmi HDTune.

Unduh dan install aplikasi HDTune di perangkat pengguna. Pilih tab error scan lalu pilih tombol start. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning sudah selesai. Apabila ada sector berwarna merah, maka ada bad sector dan disarankan membackup data. Sedangkan jika berwarna hijau semua, maka harddisk tidak mengalami masalah.

4. Gunakan Hard Disk Sentinel

Aplikasi Hard Disk Sentinel merupakan software yang digunakan untuk cek kesehatan harddisk komputer atau laptop. Fitur lain yang ditawarkan Hard Disk Sentinel adalah perbaikan bad sector yang terindikasi terjadi pada harddisk. Selain itu, software ini juga akan memperlihatkan berbagai macam data penting di komputer atau laptop pengguna.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Di Playstore Gratis

Cara penggunaan aplikasi ini tergolong sangat simple. Hal ini disebabkan karena aplikasi Hard Disk Sentinel dapat melakukan cek kesehatan harddisk secara otomatis. Pengguna dapat melihat hasil kondisi kesehatan harddisk di bagian overview pada performance dan health. Selain itu, pengguna juga dapat melihat umur kondisi hard disk.

5. Gunakan Command Prompt (CMD)

Selain meluncurkan tool CHKDSK, Windows meluncurkan tools lain untuk cek kesehatan harddisk yaitu Command Prompt (CMD). Melalui Tools Command Prompt (CMD), pengguna dapat melihat kondisi harddisk dengan perintah WMIC. Perintah ini memiliki fungsi untuk melakukan tugas administrasi termasuk cek kesehatan harddisk.

Cara cek kesehatan harddisk dengan Command Prompt (CMD) adalah membuka Windows Run dengan menekan Windows+W. Selanjutnya, ketik CMD dan pilih Ok. Apabila CMD sudah terbuka, cari WMIC lalu ketik diskdrive get status lalu tekan enter. Maka, CMD menampilkan kondisi kesehatan hardisk komputer atau laptop pengguna.

Demikian ulasan tentang 5 cara cek kesehatan harddisk paling mudah dan cepat. Pengguna harus melakukan pengecekan kondisi harddisk secara berkala. Hal ini dilakukan untuk pendeteksi awal apakah ada kerusakan atau tidak pada harddisk pengguna. Apabila ada kerusakan pengguna dapat langsung menanganinya, sehingga komputer atau laptop pengguna dapat digunakan dengan nyaman.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar