7 Cara Mengatasi Gangguan Jaringan Indosat yang Tiba-Tiba Hilang

Cara Mengatasi Gangguan Jaringan Indosat – Indosat merupakan provider yang paling ramai dipakai oleh kawula muda. Meskipun sinyal Indosat ada dimana-mana, terkadang jaringannya sering tiba-tiba hilang. Banyak faktor yang jadi penyebab gangguan pada jaringan Indosat. Salah satunya karena kondisi cuaca yang buruk, seperti hujan disertai petir. Bisa juga karena listrik sedang padam sehingga sinyal indosat langsung error. Namun, apabila jaringan indosat hilang tanpa sebab berikut dibawah ini ada 7 cara mengatasi gangguan jaringan Indosat:

7 Cara Mengatasi Gangguan Jaringan Indosat yang Tiba-Tiba Hilang

cara mengatasi gangguan jaringan indosat
cara mengatasi gangguan jaringan indosat

1. Menggunakan Mode Pesawat

Tahap pertama yang bisa dilakukan pengguna Indosat apabila sinyal tiba-tiba hilang adalah dengan menggunakan mode pesawat. Caranya gampang, aktifkan airplane mode selama beberapa detik kemudian matikan kembali. Metode ini sama seperti merestart ponsel. Saat mode pesawat hidup maka jaringan dan WiFi akan ikut terputus. Bila sudah tidak dalam mode pesawat, jaringan akan berusaha mencari sinyal yang bagus.

2. Mengedit Settingan APN Indosat

Cara kedua adalah dengan mengedit pengaturan APN. Siapa yang merasa asing dengan kata APN? Padahal APN (access point name) berperan penting untuk menghubungkan jaringan internet ke ponsel. Bagi pengguna Indosat yang sinyalnya lemah, bisa jadi ada yang salah dalam pengaturan APN. Solusinya cobalah buka pengaturan APN dan kosongkan bagian proxy, username, password, serta port.

Baca juga : Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

3. Mengunci Jaringan 4G

Semua orang pasti lebih suka mengakses internet dengan memakai jaringan 4G karena kecepatan yang dimilikinya berada di atas rata-rata jaringan lain. Namun, beberapa ponsel belum bisa mengunci jaringan 4G secara otomatis. Akibatnya, jaringan yang dipakai bisa berubah-ubah. Itulah yang menyebabkan sinyal Indosat melemah. Oleh karenanya segeralah kunci jaringan 4G dengan menekan kode (*#*#4636#*#*) atau bisa lewat menu pengaturan.

4. Menghapus Cache

Cara mengatasi gangguan jaringan Indosat yang berikutnya adalah dengan membersihkan cache pada ponsel. Di dalam cache terdapat data history, file aplikasi yang jarang dipakai dan file sampah. Cache yang menumpuk akan menyebabkan ponsel menjadi berat dan akhirnya lemot. Hal ini akan mempengaruhi sinyal Indosat. Maka dari itu jangan lupa untuk menghapus cache dengan rutin.

5. Melakukan Disable pada Sim Card

Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar jaringan Indosat membaik, seperti menonaktifkan sim card. Disable sim card hanya dilakukan beberapa menit saja, setelah itu aktifkan kembali sim card dan tunggu beberapa saat. Cara ini bertujuan untuk mereset kembali jaringan. Bagi yang ingin mencobanya, bukalah menu pengaturan. Pilih menu koneksi, lalu tap menu kartu SIM dan langsung tekan tombol disable.

Baca juga : Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

6. Mencoba Restart Ponsel

Apabila cara mode pesawat masih gagal juga, mungkin ponsel perlu direstart untuk menyegarkan perangkat. Saat melakukan restart, semua error akan menghilang termasuk gangguan jaringan. Tidak berhenti disitu saja, melakukan restart secara berkala  ternyata akan memperpanjang umur dari baterai. Selain itu, restart juga bisa mengoptimalkan kinerja dari smartphone.  Lalu bagaimana cara merestart gawai? Sebenarnya cukup mudah, tekan tombol power sampai muncul pilihan restart. Jika sudah, langsung saja tekan tombol restart.

7. Menghubungi Customer Service Indosat

Hal terakhir yang bisa dilakukan jika jaringan Indosat tak kunjung membaik adalah dengan menghubungi cs Indosat. Pengguna bisa menelpon ke nomor ini : (021) 300300. Apabila sudah terhubung, sampaikan permasalahan yang sedang terjadi.  Tanyakan kepada CS itu apakah jaringan Indosat memang sedang terjadi gangguan atau tidak. Jika tidak, minta saran kepada CS untuk mengatasi sinyal Indosat yang buruk.

Saat menghubungi Customer Service  sampaikan pertanyaan dan keluh kesan dengan bahasa yang sopan agar masalah yang terjadi segera dicarikan solusinya. Nah, itulah 7 cara mengatasi gangguan jaringan Indosat yang tiba-tiba hilang. Provider Indosat saat ini memang sedang banyak digunakan oleh anak muda. Penyebabnya karena harga yang ditawarkan Indosat cenderung lebih murah daripada provider yang lain.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar