Simak Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome

Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome – Aktivitas online tidak pernah bisa lepas dari kegiatan mengunduh. Oleh karenanya, diperlukan software bantuan dalam prosesnya. Salah satu yang banyak digunakan ialah IDM. Meskipun biasanya sudah otomatis tersedia di browser, pengguna perlu mengaktifkannya. Cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome tidak susah.

Kenapa harus menginstall IDM? Karena software ini berfungsi untuk membantu proses pengunduhan dari browser supaya lebih cepat. Apalagi jika pengguna selalu mendownload film atau software besar. Dengan bantuan software download manager yang sudah diinstall , maka akan semakin cepat.

Keunggulan Menggunakan Internet Download Manager

cara mengaktifkan internet download manager di google chrome
cara mengaktifkan internet download manager di google chrome

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome, baiknya membahas apa fungsinya. Tujuannya supaya pengguna memahami alasan kenapa harus menggunakan software ini. Padahal ada banyak jenis software lain.

Namun, software IDM sampai sekarang masih menjadi andalan karena memang fitur dan performanya terbaik. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut!

1. Mampu Mendownload File Dengan Kecepatan Tinggi

Dengan internet download manager, pengguna bisa mengunduh file apapun dengan kecepatan tinggi hingga lima kali lipat. Sekaligus didukung oleh teknologi IDF (Intelligent Dynamic File).

Baca juga : Cara Berhenti Berlanggan Viu Premium

Tidak hanya itu, pengunduhan dengan sistem dinamis pada prosesnya memungkinkan pengguna dapat mengulangi koneksi. Misal dengan tujuan untuk berhenti sejenak, tetapi tidak perlu mengulangi sambungan download.

2. Terdapat Fitur Resume Download

Kelebihan yang sangat bermanfaat dan disukai banyak pengguna yaitu fitur resume download. Dimana pengguna dapat meneruskan unduhan yang terhenti akibat sambungan internet atau error.

Pasti pernah bukan mengalami kejadian hasil download yang sudah 99 persen mendadak terputus. Dengan adanya fitur resume download pengguna tidak perlu cemas ketika mendadak mengalami gangguan tersebut. Tinggal ulangi unduhan, maka otomatis akan kembali pada posisi persen terakhir.

3. Dapat Mengatur Waktu Download

Terkadang ada waktu dimana internet tidak sedang digunakan, sehingga mencegah lemot atau terputus sambungan. Oleh karena itu, banyak yang memilih mendownload file terutama kapasitas besar di waktu tersebut. Dengan IDM pengguna bisa melakukannya karena terdapat fitur pengatur waktu.

Apalagi Pengguna tidak perlu menunggunya sampai selesai. Sebab unduhan file akan terus berjalan walaupun laptop dalam keadaan layar hitam. Selain itu, pengguna juga bisa menyinkronkan file ke perangkat PC lain dengan cloud storage.

Baca juga : Cara Mendapatkan Voucher Gojek

4. Mencegah Penularan Virus Pada Komputer

Kelebihan terakhir ini tentu sangat berguna. Karena setiap file yang diunduh harus terhindar dari virus yang bisa menyebabkan banyak kerusakan pada perangkat. Tidak hanya satu perangkat, tetapi semua yang terhubung.

Namun, IDM mempunyai fitur proteksi untuk mencegah virus dengan otomatis menjalankan software komputer. Misal Avast, Cleanser, dan masih banyak lagi. Virus yang dicegah pun merupakan jenis apapun.

Cara Mengaktifkan Internet Download Manager di Google Chrome

Agar dapat menggunakan software ini, pengguna harus mengunduh terlebih dulu di perangkat. Caranya bisa langsung buka situs resmi dengan banyak pilihan paket. Mulai dari trial atau selamanya. Jika sudah, ikuti langkah di bawah ini:

  • Akses mesin pencarian Chrome.
  • Klik ikon tiga titik yang terletak paling atas kanan.
  • Kemudian pilih “more tools” selanjutnya extensions.
  • Setelah itu, akses “File Explore” di perangkat untuk menemukan letak folder IDM. Umumnya ada di program C.
  • Lalu temukan file IDMGCExt.crx.
  • Letakkan kedua tampilan itu bersebelahan.
  • Tekan dan jangan dilepas file IDMGCExt.crx tersebut sebelum dipindahkan ke tampilan Ekstensi Chrome.
  • Jika sudah, klik selanjutnya.
  • Pada tampilan baru, tekan pilihan aktifkan.
  • Dan proses pun selesai.

Demikian informasi cara mengaktifkan internet download manager di Google Chrome beserta keunggulannya. Pastikan pengguna sudah menginstall untuk menikmati fiturnya.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment