4 Cara Menambahkan RAM HP Agar HP Tidak Lemot

Cara Menambahkan RAM HP – Memiliki HP yang kinerjanya lambat atau biasa orang-orang menyebutnya lemot memang sangat menyebalkan. Rasanya frustasi ketika membuka aplikasi di HP jadi memakan waktu yang lebih lama. Salah satu yang membuat kinerja HP lambat adalah karena kapasitas RAM HP yang kecil. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menambahkan RAM HP.

RAM sendiri merupakan kependekan dari Random Access Memory. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan memori dari aplikasi yang sedang berjalan atau bekerja. Pada dasarnya RAM tidak dapat ditambah karena tertanam langsung di dalam perangkat HP. Namun, ada beberapa  cara yang dapat dicoba untuk memperluas kapasitas dari RAM, di antaranya sebagai berikut:

4 Cara Menambahkan RAM HP Agar HP Tidak Lemot

cara menambahkan ram hp
cara menambahkan ram hp

Menghapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Aplikasi-aplikasi yang diinstall di HP banyak memakan kapasitas dari RAM. Oleh karena itu, langkah utama yang dapat dilakukan adalah meng-uninstall beberapa aplikasi yang sudah jarang dipakai. Ada dua cara meng-uninstall aplikasi di HP, dan kedua cara tersebut juga sangat mudah untuk dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah klik ikon aplikasi yang ingin di-uninstall dengan agak lama, kemudian ketika muncul tulisan uninstall tinggal klik tulisan tersebut. Aplikasi tersebut sudah selesai di-uninstall.
  • Cara lainnya untuk meng-uninstall aplikasi di HP, yakni dengan masuk ke menu pengaturan. Lalu cari menu aplikasi atau pilih aplikasi yang mau di-uninstall. Barulah kemudian klik “uninstall”, selesai. Aplikasi tersebut sudah berhasil di-uninstall.

Baca juga : Aplikasi Download YouTube Android

Mengnonaktifkan Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan dari HP memang tidak bisa di-uninstall, tetapi ada acara lain untuk mematikan aplikasi tersebut yaitu menggunakan fitur Disable. Cara menambahkan RAM hp ini cukup efektif untuk menambah kapasitas RAM HP. Langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Pertama, masuk ke aplikasi Play Store.
  • Kemudian klik Ikon Profile Picture yang terletak di sebelah pojok kanan bagian atas.
  • Selanjutnya, pilih menu Help and Feedback.
  • Di kolom pencarian atau search help ketik Disable App.
  • Lalu klik link Tap to go to Application Settings.
  • Pilih aplikasi-aplikasi yang bisa untuk dimatikan atau dibuat Disable.
  • Terakhir klik tombol Disable, selesai.

Memanfaatkan Aplikasi Cleaner

Cara selanjutnya untuk memperluas kapasitas RAM HP adalah dengan memanfaatkan aplikasi Cleaner. Aplikasi Cleaner biasanya sudah terinstall di dalam HP, sehingga tidak perlu untuk menginstalnya lagi di Play Store. Fungsi dari Cleaner adalah menghapus memori cache aplikasi.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Foto di iPhone

Selain itu, Cleaner juga dapat mendeteksi aplikasi mana yang  sedang berjalan pada background, sehingga dapat terlihat aplikasi mana paling boros memakan kapasitas RAM. Dengan mengklik tombol bersihkan RAM, maka kapasitas RAM bisa kembali bertambah.

Menginstall Aplikasi Booster

Alternatif lain untuk memperluas kapasitas RAM adalah dengan menginstall aplikasi Booster di Play Store.  Setelah itu, aplikasi Booster dapat membantu mendeteksi aplikasi mana yang dianggap tidak penting. Aplikasi yang tidak penting ini biasanya akan berjalan di background.

Kemudian klik tombol bersihkan, maka Booster akan menghapus data serta mematikan aplikasi yang sedang berjalan di background. Fitur Booster ini dapat mencegah HP agar tidak lemot. Tertarik menggunakan cara ini?

Kapasitas RAM HP yang terbatas memang kesannya sangat remeh, tetapi cukup mengganggu dan merepotkan saat menggunakan HP. Bahkan bukan hanya dapat membuat kinerja HP lambat, kadang bisa sampai membuat perangkat menjadi hang saat sedang membuka aplikasi. Lantas, dari berbagai cara menambahkan ram hp tersebut manakah yang menurut pengguna paling efektif?

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar