Sangat Praktis, Cek Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail serta Mengaturnya

Cek Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail – Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah saat melakukan hal-hal tertentu. Salah satunya adalah mudahnya karyawan saat mengirimkan dokumen melalui surat elektronik (surel) atau email yang memiliki banyak fitur. Di antara berbagai fitur, pengguna kadang tidak memahami cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail.

Melalui hal ini, pengguna akan diajak untuk mengetahui beberapa cara untuk membuat akun menjadi lebih aman dan terjaga. Dengan memiliki akun yang aman, pengguna bisa lebih leluasa menggunakannya untuk mengirimkan dokumen atau file penting. Tanpa berlama lagi, berikut ulasannya:

Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail

cara mengetahui aplikasi dan layanan yang yang terhubung ke akun gmail
cara mengetahui aplikasi dan layanan yang yang terhubung ke akun gmail

Gmail adalah salah satu layanan besar dan banyak digunakan dan memiliki banyak fitur hingga kerap membuat pengguna tidak mengetahui atau bingung dengan cara mengakses layanannya. Untuk mengetahui hal tersebut, berikut cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail:

Baca juga : Cara Melacak No HP WA

  • Untuk melakukan pengecekan, pastikan sudah memiliki akun Gmail yang bisa diakses melalui smartphone, laptop, atau komputer lalu buka dan akses “Keamanan” di akun Google dengan cara pilih “Kelola Akun Google Anda” setelah klik akun Google yang dimiliki.
  • Jika ingin lebih mudah, pengguna bisa langsung akses myaccount.google.com dan pilih Keamanan yang terletak pada daftar menu pada bagian atas.Setelah masuk ke laman Keamanan, pilih “Kelola akses pihak ketiga” hingga muncul daftar yang berisi nama-nama aplikasi serta layanan yang sudah tertaut ke akun pengguna.
  • Saat melakukan pengecekan akun, pengguna akan mengetahui bahwa daftar tersebut sebenarnya terhubung ke akun Google. Dengan kata lain, aplikasi dan layanan yang berjalan pada smartphone atau perangkat lain bukan terhubung ke akun Gmail karena layanan email tersebut merupakan salah satu layanan resmi milik Google.
  • Jika akun pengguna tidak memiliki tautan, laman tersebut akan memberikan keterangan seperti berikut ini: “Anda tidak memiliki akun tertaut. Anda dapat memberi Google akses ke data dari situs dan aplikasi pihak ketiga, seperti playlist.”

Cara Mengatur Aplikasi dan Layanan Tertaut

Agar akun Google aman dari aplikasi dan layanan yang terhubung atau tertaut lebih terjaga dan aman, pengguna perlu mengetahui cara mengaturnya. Berikut inilah beberapa diantaranya:

Menghapus Aplikasi dan Layanan

Cara menghapus aplikasi atau layanan yang tertaut pada akun pengguna bisa dilakukan dengan cepat. Pengguna bisa melakukan akses daftar layanan dan aplikasi seperti cara yang sebelumnya sudah disebutkan. Setelah itu, klik aplikasi atau layanan yang akan dihapus dan pilih tombol HAPUS AKSES. Lakukan secara berulang jika ingin menghapus lebih dari satu aplikasi atau layanan.

Baca juga : Cara WhatsApp Centang Satu Tapi Online Tanpa Aplikasi

Melaporkan Aplikasi atau Layanan yang Terhubung

Jika mengetahui ada aplikasi yang membahayakan terhubung ke akun Google, pengguna bisa melaporkannya. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka aplikasi yang diketahui bisa membahayakan akun pengguna lalu pilih “Laporkan aplikasi ini”.

Membagikan Data dengan Aplikasi atau Layanan

Berbagi data merupakan salah satu fitur yang biasanya dimanfaatkan untuk mengedit foto, video, atau yang lainnya. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengatur akses terlebih dulu sehingga hanya data-data tertentu yang bisa dibagikan dengan aplikasi atau layanan yang terhubung.

Begitulah beberapa ulasan tentang cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail serta mengaturnya. Meskipun terlihat mudah dan remeh, pengaturan tautan pada akun pengguna penting untuk dilakukan. Informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk menjaga akun yang dimiliki agar selalu aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang memiliki niat buruk dan tidak bertanggung jawab.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar