Cara Gampang Backup dan Restore Windows 7

Cara Backup dan Restore Windows 7 – Apakah kamu sering mengalami permasalahan terhadap laptop / komputer kamu? Jika terjadi masalah biasanya cara terakhir adalah dengan melalukan instalasi ulang terhadap sistem operasinya.

Melakukan instalasi sistem operasi juga kadang membosankan, karena kita harus menginstall ulang kembali software – software yang kita butuhkan untuk pekerjaan kita.

Nah, daripada selalu menghadapi kerepotan tersebut secara terus menerus. Kamu dapat membuat sistem backup pada sistem operasi tersebut. Fungsinya, ketika sistem operasi yang kamu jalankan mengalami masalah yang serius, kamu tinggal merestore nya tanpa harus melakukan instalasi ulang sistem operasinya.

Fitur ini sudah disediakan oleh sistem operasi Windows 7 sebelumnya. Ini merupakan software backup system windows 7 yang diberikan secara cuma – cuma. Jadi, kamu tinggal manfaatkan saya fungsi dari fitur ini. Nah, bagaimana sih cara mudahnya? Simak artikel ini hingga selesai ya.

Baca juga : Cara Dual Boot Windows 10 dan Windows 7

Cara Mudah Backup dan Restore Windows 7

Setting Backup

Langkah pertama adalah melakukan setting backup, caranya adalah silahkan Klik Start –> Computer. Pilih Drive C: dan klik kanan. Silahkan pilih Properties –> Tools, dan silahkan klik Backup Now.

Setting Backup
Setting Backup

Tentukan Lokasi Backup

Selanjutnya klik Create a system image, dan Windows akan mencari lokasi backup akan ditempatkan. Akan ada pilihan untuk menempatkan folder baru (lokasi harus berbeda denga drive C: ya). Atau, kamu juga dapat memilih untuk ditempat ke keping DVD (di burn).

Tentukan Lokasi Backup
Tentukan Lokasi Backup

Konfirmasi Backup

Selanjutnya setelah kamu memilih lokasi backup, silahkan klik Next. Akan ada konfirmasi sistem yang akan dibackup sebelum lanjut ke step selanjutnya. Silahkan kasih tanda centang ketika ingin melakukan backup, dan uncek ketika tidak ingin melakukan backup. Silahkan klik Next dan ikuti proses yang berjalan. Lamanya waktu backup tergantung pada seberapa besar file yang ada di sistem Windows kalian.

Konfirmasi Backup
Konfirmasi Backup

Buat CD/DVD Recovery

Adapun hasil backup tadi berupa file yang dapat digunakan untuk melakukan recovery sistem operasi kalian. Untuk berhasil melakukan proses recoery, hendaknya kamu membuat terlebih dahulu CD/DVD recovery yang nantinya akan kamu gunakan untuk restore.

Baca juga : Cara Membuat Watermak di Word 2013

Silahkan masuk kembali pada proses Backup and Restore, silahkan pilih Create a system repair disc, kemudian jangan lupa untuk masukkan kepingan CD/DVD kosong ke CD-ROM. Lanjut klik Next dan proses burning segera dimulai. Setelah proses selesai, Windows akan menampilkan konfirmasi bahwa CD/DVD recovery tadi telah siap digunakan.

Buat CD/DVD Recovery
Buat CD/DVD Recovery

Lakukan Restore Sistem

Selanjutnya masuk pada langkah proses restore sistem operasi. Silahkan masukkan CD/DVD yang berhasil kita buat sistem restorenya tadi ke dalam CD-ROM. Lanjut restart komputer / laptop, dan setting booting ke CR/DVDROM melalui pengaturan BIOS.

Nantinya akan muncul jendela System Recovery Options, dan pilih Restore your computer using a sistem image that you created, silahkan pilih Next. Silahkan cari file backupnya. Selanjut proses akan berjalan dan tunggu hingga preses restore selesai.

Lakukan Restore Sistem
Lakukan Restore Sistem

Demikian artikel singkat mengenai Cara Backup dan Restore Windows 7 yang dapat rekan – rekan praktekkan. Semoga tutorial diatas dapat rekan – rekan ikuti dan berhasil melakukan restore terhadap komputer / laptopnya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar