8 Aplikasi Belajar Offline Terbaik untuk Meningkatkan Kemampuan

Aplikasi belajar offline menjadi alternatif atau solusi bagus bagi Anda yang ingin tetap belajar tetapi tidak memiliki kuota internet. Keberadaan banyaknya aplikasi belajar tentunya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa di luar sekolah. Hal tersebut karena terkadang, pembelajaran di dalam kelas masih belum memberikan pemahaman maksimal kepada beberapa siswa sehingga dibutuhkan aplikasi tambahan.

Dibandingkan aplikasi online yang membutuhkan akses internet lancar, aplikasi offline tentunya akan lebih menarik perhatian para siswa. Selain itu, dengan aplikasi online, para orang tua tidak perlu lagi merogoh kocek yang banyak untuk putra-putrinya sehingga ada banyak keuntungan yang diperoleh. Nah, untuk itu langsung saja simak beberapa ulasan mengenai aplikasi berikut ini.

Soal Ujian SD

Soal Ujian SD
Soal Ujian SD

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang diperuntukkan untuk para siswa SD. Di dalamnya terdapat berbagai materi tentang semua mata pelajaran mulai dari IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, PPKn, dan PAI. Dengan kelengkapan tersebut semua siswa bisa belajar semua mata pelajaran sehingga ilmu yang diperoleh juga lebih menyeluruh.

Aplikasi yang berisi kumpulan soal ini di konsep mirip seperti game. Terbukti dengan adanya level-level yang bertingkat dan harus diselesaikan secara berkala. Terlebih tampilan interfacenya terlihat sederhana tetapi tetap menarik. Adanya konsep mirip game tersebut diharapkan mampu membuat siswa belajar tanpa kenal bosan. Bahkan mereka bisa saling berlomba dengan teman-teman lainnya untuk mendapatkan nilai paling bagus.

Rangkuman Biologi SMP

Rangkuman Biologi SMP
Rangkuman Biologi SMP

Biologi terkadang menjadi salah satu mata pelajaran yang cukup dihindari oleh para siswa. Hal ini karena perlu hafalan dan pemahaman yang bagus untuk bisa menguasai materinya. Aplikasi yang diperuntukkan untuk siswa menengah pertama ini di dalamnya memuat semua rangkuman materi yang dikemas dalam judul-judul pembahasan eksklusif. Setiap siswa hanya perlu memilih materi yang sesuai dengan tingkatan pendidikannya.

Materi yang ada di dalamnya terbilang sangat lengkap karena menurut pembuat aplikasi, yakni Pustaka 2000. Pihaknya mengklaim jika materi yang ada di dalam aplikasi ini mengacu pada salah satu buku pelajaran pegangan siswa. Maka tidak mengherankan apabila selain materinya sangat lengkap, dalam bentuk rangkuman tentunya akan lebih mudah dipahami oleh para siswa terlebih yang malas belajar.

Rangkuman Matematika SMP

Rangkuman Matematika SMP
Rangkuman Matematika SMP

Banyak yang menganggap jika Matematika adalah salah satu pelajaran yang patut dimusuhi. Hal ini karena mata pelajaran satu ini dikenal paling sulit diantara mata pelajaran lainnya. Dengan adanya aplikasi offline satu ini, setiap siswa bisa belajar dengan lebih efektif. Karena dari segi tampilan sudah dibuat dengan se menarik mungkin menggunakan konsep game sehingga tidak akan membosankan.

Baca juga : Aplikasi Belajar Online

Dari segi rangkuman materi yang diberikan, siswa juga bisa lebih mudah dalam memahami. Karena rangkuman dibuat sesederhana mungkin dengan tampilan rumus cepat yang begitu efektif. Setelah mempelajari berbagai rangkuman materi yang diberikan, setiap siswa diharapkan mencoba beberapa soal yang tersedia. Soal tersebutlah yang akan menjadi pengukur sejauh apa tingkat pemahaman.

Soal Ujian Sekolah

Soal Ujian Sekolah
Soal Ujian Sekolah

Kelebihan dari aplikasi belajar offline satu ini adalah menyediakan semua soal ujian untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA. Di dalamnya berisi kumpulan soal yang diharapkan mampu menjadi pedoman siswa ketika hendak melaksanakan ujian sekolah. Bentuknya memang dibuat se mirip mungkin dengan ujian sekolah pada umumnya sehingga siswa bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah terdapat metode atau strategi untuk menyelesaikan soal-soal dengan cepat dan hasilnya tepat. Setelah siswa mengerjakan semua sal ujian yang diberikan akan ada pemberitahuan tentang jumlah nilai dan keterangan apakah orang tersebut lulus ataukah tidak. Bahkan, ada juga beberapa soal SBMPTN dan ujian masuk STAN yang sangat bermanfaat.

Science Challenge

Science Challenge
Science Challenge

Aplikasi Science Challenge berisi tentang kumpulan soal-soal materi Sains. Terdapat soal-soal dari mata pelajaran seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan beberapa tambahan non Sains seperti Geografi. Bagi siswa yang merasa bosan terus menerus mengerjakan soal menggunakan buku dan terkesan ribet, maka wajib untuk mencoba aplikasi satu ini. Nantinya akan ada hasil nilai yang diperoleh.

Hasil nilai yang diperoleh akan menjadi ukuran apakah siswa tersebut berhasil dalam mengerjakan soal ataukah tidak. Jika masih belum berhasil, maka akan ada soal selanjutnya dengan level sama tetapi isi soal berbeda. Hal tersebut akan terus berlanjut hingga setiap siswa mampu lolos dalam level soal tersebut. Karena merupakan bentuk challenge, maka setiap siswa harus mampu menjawab tantangan yang diberikan.

Star Chart

Star Chart
Star Chart

Aplikasi offline untuk belajar selanjutnya adalah Star Chart yang di dalamnya berisi mengenai materi pembelajaran Geografi, khususnya Astronomi. Di dalam aplikasi ini memang sebagian besar menjelaskan mengenai informasi yang berkaitan dengan benda-benda langit. Anda bisa mengetahui hal-hal seperti keluarga bintang, jarak bumi ke planet lainnya, titik koordinat, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Aplikasi Belajar Bahasa Arab

Aplikasi satu ini memiliki jumlah pengunduh yang cukup banyak. Hal tersebut karena jarang ada aplikasi yang membahas masalah ilmu Astronomi secara lengkap sehingga banyak orang yang menjadi tertarik untuk menggunakannya. Bahkan, banyak yang menganggap jika aplikasi satu ini merupakan ensiklopedi benda langit karena kelengkapan informasi yang ada di dalamnya.

Periodic Table

Periodic Table
Periodic Table

Pada pelajaran Kimia, tabel periodik menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui dan dihafalkan. Pada aplikasi ini, terlihat dengan begitu jelas dan lengkap mengenai isi dari tabel periodik. Semua unsur Kimia yang biasanya terpajang di dalam ruangan kelas bisa dilihat lewat aplikasi ini. Tampilannya juga sudah dibuat se menarik mungkin sehingga siswa lebih tertarik saat melihatnya.

Selain menghafal rumus Matematika, menghafal tabel periodik Kimia juga salah satu kesulitan tersendiri. Aplikasi satu ini juga menyelipkan sedikit informasi mengenai penjelasan tabel unsur periodik tersebut sehingga tidak hanya namanya saja. Dengan begitu, para siswa tetap bisa menghafal sambil memahami dengan baik isi di dalamnya.

Pintar Kimia

Pintar Kimia
Pintar Kimia

Sesuai dengan nama aplikasinya, Pintar Kimia berisi mengenai segala rangkuman pelajaran Kimia dengan berbagai bab. Karena berbentuk rangkuman, setiap bab disampaikan secara ringkas sehingga informasi lebih mudah dicerna dan tidak akan membingungkan siapa pun yang membacanya. Setiap bab memiliki materi bercabang yang sudah ditata dengan sangat rapi dan tidak akan membingungkan para siswa.

Selain rangkuman, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kajian dan soal. Kajian berisi mengenai pembahasan masalah seputar Kimia sedangkan soal merupakan hasil evaluasi dari materi yang telah dirangkum. Setiap siswa harus mencoba mengerjakan soal evaluasi agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan yang telah mereka kuasai.

Nah, demikianlah beberapa aplikasi belajar offline yang sangat recommended untuk para siswa. Bagi sebagian siswa yang tidak mampu membayar uang les tentunya adanya aplikasi offline ini benar-benar sangat membantu. Untuk itu, sangat diharapkan mengunduh aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan. Selain mendapatkan ilmu di sekolah, para siswa bisa memperdalam lagi ilmunya lewat aplikasi belajar.

Tinggalkan komentar