Cara Dual Boot Windows 10 dan Windows 7

Cara dual boot Windows 10 dan windows 7 kali ini sangat berguna bagi rekan – rekan yang ingin membuat 2 sistem operasi dalam 1 laptop / komputernya. Dan kali ini adalah dengan membuat 2 sistem operasi Windows 10 dan Windows 7.

Adapun fungsi dari dual boot ini membuat kamu bisa menggunakan gantian sistem operasi mana yang ingin dan akan kamu gunakan. Untuk membuat dual boot dengan windows 10 dan windows 7 pun sangat mudah. Mari kita lihat tutorial singkat dibawah ini. Simak hingga selsai ya, agar kamu benar – benar faham dengan caranya.

Cara Dual Boot Windows 10 dan Windows 7 Terlengkap

Membuat Partisi Baru

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah membuat partisi baru. Gunanya untuk memisahkan sistem operasi Windows 7 dan Windows 10 nantinya. Kamu dapat menggunakan fungsi Disk Mamagement dengan cara tekan tombol Windows+R pada keyboard, dan ketikkan diskmgmt.msc, lalu tekan Enter.

Membuat Partisi Baru
Membuat Partisi Baru

Memisahkan Partisi

Selanjutnya kamu dapat membuat partisi menggunakan Drive C ataupun Drive yang lain, yang terpenting adalah kapastiasnya masih mencukup. Cara membuatnya kamu tinggal Klik Kanan pada Drive yang ingin kamu bagi, dan pilih Shrink Volume.

Memisahkan Partisi
Memisahkan Partisi

Menentukan Kapasitas Partisi

Untuk menjalankan sistem operasi Windows 10, kamu harus menyediakan kapasitas drive sebesar 20 GB. Maka kamu harus membuat pastisi tersebut dengan ukuran tersebut. Caranya, pada bagian kolom Enter the amount of space to shrink in MB, silahkan masukkan angka 20000 yang artinya adalah 20 GB. Kemudian klik Shrink dan kamu berhasil membuat partisi baru.

Menentukan Kapasitas Partisi
Menentukan Kapasitas Partisi

Menyiapkan Windows 10

Sebelum melakukan instalasi, kamu harus mempersiapkan Windows 10 yang sudah siap menjadi bootble. Setelah itu kamu bisa melalukan instalasi sistem operasi Windows 10 nya.

Silahkan Booting dan Install

Setelah kamu mempersiapkan sistem operasi Windows 10 untuk instalasi, silahkan lanjutkan ke langkah instalasi Windows 10 nya. Silahkan booting dari media penyimpanan Windows 10, misal kamu menggunakan USB Drive, silahkan booting dari USB Driver tersebut. Silahkan klik Install Now dan lanjutkan langkah – langkahnya hingga proses selesai.

Silahkan Booting dan Install
Silahkan Booting dan Install

Pilih Custom Install

Setelah masuk pada bagian Windows Setup, silahkan pilih Custom: Install Windows only (anvanced). Ini berfungsi agar kamu dapat memilih sistem operasi Windows 10 akan di install di partisi yang mana.

Pilih Custom Install
Pilih Custom Install

Pilih Partisi Untuk di Install

Silahkan tentukan partisi mana yang akan kamu install sistem operasi Windows 10 nya. Karena kita tadi membuat kapasitas partisi sebesar 20 GB, silahkan cek partisi yang tersedia sebesar 20 GB pula, atau yang mendekati. Agar tidak salah posisi instalasi ya. Dan silahkan tunggu proses instalasi selesai hingga akhir.

Pilih Partisi
Pilih Partisi

Tampilan Dual Boot

Setelah proses instalasi semuanya selesai dan reboot, kamu akan ditanyakan langsung untuk menggunakan sistem operasi mana, Windows 7 atau Windows 10 saat pertama kali masuk. Dan untuk mengganti sistem operasi lagi, silahkan restart pc / laptop dan silahkan masuk dengan sistem operasi yang di inginkan.

Tampilan Dual Boot
Tampilan Dual Boot

Demikian sharing bagaimana Cara Dual Boot Windows 10 dan Windows 7 yang dapat rekan – rekan praktekkan. Semoga tutorial diatas berhasil diterapkan ya sob. Dan semoga kamu juga berhasil membuat dual boot sistem operasinya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar