6 Aplikasi Desain Grafis Gratis Untuk PC, iOS dan Android

Aplikasi Desain Grafis Gratis – Kebutuhan konten berbasis desain grafis beberapa tahun belakangan ini sangat meningkat tajam. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, terdapat beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis gratis yang bisa dicoba. Tentu saja dilengkapi dengan fitur lengkap dan kepopularitasannya yang sudah tidak diragukan lagi.

Aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan juga memiliki tampilan yang sederhana untuk dipakai di mana saja. Para pengguna pun tidak sulit mendapatkanya dari PC, maupun smartphone berbasis sistem operasi iOS dan Android.

Aplikasi Desain Grafis Untuk Smartphone iOS dan Android

Pada umumnya, mengerjakan desain grafis harus memakai laptop atau PC. Aplikasi-aplikasi yang tersedia pun memiliki kapasitas memori besar. Namun, sekarang tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tersedia dan dapat diunduh melalui smartphone dengan kapasitas memori yang lebih kecil. Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

Canva

Canva
Canva

Aplikasi Canva tidak perlu diragukan lagi kepopularitasannya. Canva hadir sebagai aplikasi desain grafis yang cukup lengkap fitur-fiturnya dalam menopang kemampuan desain para penggunanya.

Jika ingin membuat banner, poster, konten media sosial atau hanya sekadar mengedit gambar, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur template, sticker, font dan lain-lain secara lengkap. Canva pun patut dicoba oleh pemula maupun profesional sekalipun.

Snapseed

Snapseed
Snapseed

Snapseed menjadi aplikasi yang banyak dipilih oleh para pengguna aplikasi desain grafis. Fitur-fitur seperti filter yang menarik serta ketersediaan 29 tools mempermudah pengguna untuk membuat desain dengan baik dan hasilnya memuaskan. Tentunya pengguna tidak perlu repot lagi membuat desain dengan laptop atau PC.

Baca juga : Aplikasi Download Youtube Jadi MP3

Adobe Spark Post

Adobe Spark Post
Adobe Spark Post

Aplikasi desain grafis gratis yang dapat diunduh melalui smartphone terakhir adalah Adobe Spark Post, yang mana merupakan versi sederhana dari Adobe. Fitur-fitur template, font dan sticker yang terdapat di dalam aplikasi ini lebih mirip aplikasi desain grafis sederhana lainnya, seperti Snappa dan Canva.

Tampilan fitur aplikasi yang sederhana dan gratis, membuat Adobe Spark Post banyak dipilih pengguna non profesional yang memiliki kemampuan sederhana dalam bidang desain. Jadi, apakah tertarik menggunakan aplikasi satu ini?

Aplikasi Desain Grafis Untuk PC

Untuk menikmati fitur aplikasi desain grafis yang lebih lengkap dan profesional, menggunakan laptop atau PC memang lebih tepat. Hal tersebut dikarenakan tentunya PC memiliki RAM yang lebih besar untuk menopang kebutuhan itu semua. Berikut beberapa rekomendasinya, yaitu:

Gravit Designer

Gravit Designer
Gravit Designer

Aplikasi desain grafis gratis yang dapat digunakan dengan laptop atau PC adalah Gravit Designer. Merupakan salah satu produk dari Corel Draw, aplikasi ini sangat cocok untuk menopang para desain grafis profesional.

Aplikasi desain grafis berbasis vektor ini juga cocok untuk pengerjaan animasi, presentasi desain aplikasi dan lainnya. Pengguna pun dapat mengakses fitur Gravit Cloud yang berisikan template cukup bervariasi.

Baca juga : Aplikasi Edit Background Foto Online

Blender

Blender
Blender

Aplikasi selanjutnya adalah Blender. Dengan fitur open source, aplikasi ini terbilang banyak digunakan oleh para perancang grafis untuk membuat model 3D, film animasi, efek visual dan model 3D.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini memang bertujuan untuk kalangan profesional. Tak heran apabila di dalam pengerjaannya dibutuhkan device yang lebih besar kapasitasnya, seperti laptop atau PC.

Onshape

Onshape
Onshape

Aplikasi Onshape wajib dicoba jika pengguna mencari aplikasi desain grafis gratis. Tersedia fitur-fitur 2D sketch, multi body modelling dan feature tree. Onshape dapat digunakan oleh pengguna profesional maupun non profesional.

Onshape juga dapat melakukan pengerjaan desain 3D berformat computer-aided design (CAD). Tentunya, aplikasi ini tidak boleh dilewatkan oleh para desainer grafis untuk dicoba.

Itulah 6 aplikasi desain grafis gratis yang direkomendasikan untuk digunakan pada smartphone maupun PC. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan kemampuan desain terbaik, serta yang terpenting pengguna tak perlu mengocek dompet terlalu dalam.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar