Ayo Kenali Fungsi Voice Over Internet Protocol untuk Mempermudah Komunikasi

Fungsi Voice Over Internet Protocol – Hadirnya teknologi dalam kehidupan masyarakat membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah terutama dalam berkomunikasi. Saat ini, komunikasi bisa dijalankan dengan mudah meskipun jaraknya jauh. Sebab teknologi masa kini telah dilengkapi VoIP. Lantas, apakah fungsi voice over internet protocol dalam komunikasi?

Seperti yang sudah diketahui bahwa voice over internet protocol adalah teknologi yang memudahkan untuk melakukan panggilan telepon berbasis internet. Teknologi ini memang diformulasikan khusus bagi masyarakat yang ingin melakukan komunikasi jarak jauh. Tentu saja, biaya yang digunakan sangat terjangkau dibandingkan dengan telepon konvensional.

Fungsi Voice Over Internet Protocol

fungsi voice over internet protocol
fungsi voice over internet protocol

Pada dasarnya, voice over internet protocol ini memiliki fungsi utama yang mana memudahkan komunikasi jarak jauh. Akan tetapi, dalam kenyataannya teknologi ini juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai berikut:

1. Signaling

Salah satu fungsi dari teknologi VoIP adalah Signaling. Signaling sendiri merupakan hal yang sangat dibutuhkan ketika ingin melakukan panggilan di jaringan telekomunikasi. Pasalnya, berperan untuk menyambungkan jaringan yang akan dituju sehingga penyampaian pesan bisa berjalan maksimal.

Apabila jaringan sudah berhasil terhubung, maka pengguna bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan efektif. Terlebih lagi, menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih, Tentunya hal ini akan menciptakan perasaan senang dan nyaman bagi yang memakainya.

Baca juga : Cara Mengatasi Akun Facebook Tidak Bisa Login

2. Database Server

Fungsi selanjutnya adalah sebagai database. Dimana teknologi VoIP ini berperan untuk menerjemahkan alamat yang ingin dituju dari beberapa jaringan berbeda. Bukan hanya itu saja, namun teknologi ini juga bertugas untuk membantu pencarian lokasi dari tujuan akhir.

Berkat teknologi ini, pengguna tidak perlu repot lagi jika ingin mencari lokasi yang akan dituju. Sebab, VoIP ini bisa membantu segala permasalahan yang dialami terkait dengan pencarian lokasi.

3. Bearer Control

Seperti yang diketahui bahwa Bearer Control merupakan protokol kontrol yang dimanfaatkan pada sebuah jaringan yang berbasi IP untuk mempermudah layanan telepon. Tentu, pengguna nantinya bisa secara bebas untuk menerima serta menolak panggilan. Bahkan, pengguna juga bisa memutuskan panggilan telepon.

Fungsi ini memang termasuk fungsi yang bisa dirasakan langsung oleh para penggunanya. Sebab, fungsinya selalu dijalankan setiap pengguna melakukan komunikasi dengan layanan telepon.

Baca juga : Mengompresi PDF dan Membuatnya Lebih Kecil

4. Codec Operations

Fungsi terakhir dari teknologi VoIP ini adalah Codec Operations. Codec Operations ini memang termasuk fungsi yang terkesan unik. Sebab, pengguna bisa merubah suaranya menjadi jaringan digital setelah itu diteruskan ke perangkat penerima layanan telepon.

Menariknya, fungsi ini tidak hanya bisa diubah menjadi sinyal digital, namun juga pada paket data. Tentu saja, fungsi ini sangat menguntungkan penggunanya. Sebab menyediakan dua pilihan yang bisa dijalankan untuk lebih mempermudah komunikasi jarak jauh.

Cara Kerja Voice Over Internet Protocol

Setelah mengetahui fungsi dari teknologi ini, maka sebelum menjalankannya pengguna harus memahami cara kerjanya lebih dulu. Tentu hal ini bertujuan agar pada saat memakainya tidak mengalami berbagai kendala. Adapun cara kerjanya sebagai berikut:

  • Pertama, lakukan dial pada komputer penerima dengan menggunakan layanan yang sudah diberikan oleh server IP PBX.
  • Kemudian, komputer penerima akan menerima panggilan dari komputer penelpon.
  • Lalu, komputer penelpon akan menghubungkan gelombang suara dari user pengirim.
  • Silahkan ubah suara analog menjadi paket data digital.
  • Setelah suara analog sudah diubah menjadi paket digital, silahkan salurkan melalui router atau modem ADSL.
  • Kemudian, lakukan pengiriman melalui internet dan pastikan telah diterima oleh media yang sama.
  • Terakhir, paket digital akan berubah menjadi data analog dan telah menjadi gelombang suara yang akan disalurkan melalui speaker.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi voice over internet protocol yang perlu diketahui. Jadi bagi yang ingin melakukan komunikasi jarak jauh, alangkah baiknya memanfaatkan teknologi VoIP agar komunikasi bisa berjalan lancar.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar