Begini Cara Merekam Layar PC Dengan Mudah

Screen recorder adalah salah alat yang diandalkan untuk merekam aktivitas layar. Mungkin banyak yang bingung bagaimana cara merekam layar PC, namun sebenarnya untuk merekan layar di komputer itu cukuplah mudah. Screen recorder adalah alat praktis yang digunakan untuk merekam aktivitas yang sedang berlangsung di layar.

Dengan menggunakan ini, Anda dapat merekam layar semudah mengambil screenshot di komputer atau merekam momen terbaik dalam hidup dengan kamera.  Alat ini menyediakan pengambilan video langsung, opsi pengeditan video pasca-pengambilan, dan banyak lagi.

Cara Merekam Layar di Windows 10

Cara Merekam Layar PC
Cara Merekam Layar PC

Windows 10 memiliki fitur bawaan yang dapat digunakan sebagai perekam layar gratis. Di Windows 10, perekam layar atau screen recorder hadir dalam Game bar. Anda bisa memanfaatkan fitur perekaman layar bawaan Windows 10 di Game bar, caranya?

  1. Klik pada tombol menu Start. Setelah itu, klik Setting atau ikon roda gigi yang terletak di menu “start”.
  2. Setelah mengklik Setting, maka jendela baru akan terbuka. Sekarang, klik Gaming di pengaturan Windows.
  3. Baru kemudian Anda bisa pilih Game bar di panel kiri dan pastikan Anda telah mengaktifkan opsi Record Game Clips, Tangkapan Layar, dan Broadcast menggunakan Game Bar.
  4. Di sini, Anda melihat pintasan Keyboard default untuk berbagai task. Misalnya, ambil tangkapan layar, rekam, mulai atau hentikan perekaman, tampilkan timer perekam, nyala / mati mikrofon, dll. Anda juga dapat membuat pintasan untuk tugas-tugas di atas.
  5. Ketik pintasan Keyboard default “Win + G” untuk membuka bilah Game. Jika Anda melihat pertanyaan apa pun, pilih Ya.
  6. Sekarang, Anda dapat melihat bilah Game di layar Anda, yang menyediakan tombol untuk mengakses banyak hal seperti suara, kinerja, dan pengambilan, dll.
  7. Klik pada putaran tombol Start Recording untuk mulai merekam. Anda dapat menghentikannya dengan mengkliknya lagi.
  8. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pintas Win + Alt + R untuk memulai dan menghentikan perekaman. Hanya saja Anda harus mengaktifkan Game Bar terlebih dahulu.
  9. Anda dapat mematikannya atau menghentikannya dengan menggunakan Win + Alt + R. Ketika Anda menghentikan perekaman layar Anda, maka file akan disimpan di folder Videos / Captures sebagai file MP4

Baca juga : Aplikasi Editor Video

Keuntungan menggunakan tools bawaan dari Windows 10 adalah :

  • Gratis, bebas iklan, dan tanpa batasan waktu.
  • Sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu menginstal software apa pun.
  • Anda dapat mengaktifkan mikrofon saat merekam layar.
  • Memfasilitasi Anda untuk memotong video di awal dan akhir setelah perekaman.
  • Tidak meninggalkan watermark apa pun.

Cara Merekan Layar PC dengan Panopto Express

Panopto Express adalah salah satu alat yang bisa menggabungkan semua aliran media Anda menjadi satu video tersinkronisasi yang menampilkan setiap detail. Dengan Panopto Express, Anda bisa merekam beberapa layar dalam HD, merekam beberapa kamera video dalam HD, merekam audio atau narasi bersama dengan rekaman layar video dan mengubah kamera web menjadi kamera pelacak gerakan dengan kamera cerdas.

Dengan mengandalkan Panopto Express, maka rasanya Anda seperti memiliki operator kamera sendiri yang membuat Anda tetap terpusat pada frame saat mempresentasikan dan bergerak di sekitar ruangan.

Rekam Anda dan konten layar komputer sesering yang Anda inginkan. Tidak ada batasan waktu, watermark atau fitur stripped-down lainnya saat Anda menggunakan perekam layar gratis Panopto.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Video

Anda dapat memulai perekaman layar dengan mengikuti  langkah yang sangat sederhana di bawah ini.

  1. Buka Panopto Express

Siapkan laptop dan buka browser Anda kemudian klik panopto.com Untuk mengonfigurasi penyiapan perekaman, Anda perlu menggunakan tombol di bagian atas perekam untuk memilih audio, video, dan layar yang ingin Anda rekam.

  1. Pilih Layar yang Ingin Anda Rekam

Panopto Express secara otomatis mendeteksi layar dan monitor yang terhubung ke komputer Anda. Berikut cara untuk memilih layar yang hendak direkam :

  • Klik ikon layar di kanan atas dan pilih layar pertama, jendela aplikasi, atau tab browser yang ingin Anda tampilkan di rekaman layar Anda.
  • Klik kotak untuk “Bagikan audio” di kiri bawah jendela konfigurasi untuk merekam audio sistem Anda. Cara ini akan memungkinkan Anda merekam audio dari apa pun di layar seperti konferensi video atau webinar.
  • Kemudian klik “Bagikan” di kanan bawah jendela konfigurasi.

Untuk merekam layar tambahan, jendela aplikasi, atau tab browser dalam rekaman yang sama, klik ikon layar lagi, pilih yang ingin Anda rekam, lalu klik “Bagikan”. Anda akan melakukannya sampai berbagi semua layar, jendela, dan tab yang ingin Anda rekam.

Jika Anda perlu menghapus layar yang Anda pilih untuk direkam, cukup klik “X” yang muncul di pratinjau Anda di kanan atas umpan video itu saat Anda mengarahkan mouse.

Baca juga : Aplikasi Edit Video Android

  1. Pilih dan Uji Audio Untuk Rekaman Anda

Panopto Express juga akan mendeteksi mikrofon yang terhubung. Jika Anda ingin merekam narasi atau diri Anda yang sedang melakukan presentasi bersama dengan rekaman layar, klik ikon mikrofon di kiri atas dan pastikan tanda centang berada di atas mikrofon yang ingin Anda gunakan untuk menangkap suara Anda. Uji suara Anda dengan berbicara dan fitur bawaan akan bereaksi terhadap suara Anda dan suara lain yang diambil mikrofon Anda.

  1. Tambahkan Video Webcam Ke Perekaman Layar Anda

Untuk merekam video Anda sedang melakukan presentasi bersama dengan screencast Anda, atau untuk menambahkan video lain ke rekaman, klik ikon kamera video di bagian atas dan klik umpan video yang ingin Anda rekam. Nantinya, Anda akan melihat tanda centang di atas sumber video terhubung yang telah Anda pilih untuk direkam.

  1. Mulai Rekam

Setelah yakin dengan apa yang hendak Anda rekam, maka tekanlah  tombol “Rekam” dan alat otomatis merekam aktivitas di layar Anda. Setelah menyelesaikan perekaman layar, Anda memiliki opsi untuk mendownload rekaman dan menyimpannya ke komputer Anda, menguploadnya langsung ke YouTube atau Google Classroom, atau Anda dapat mengirimkannya ke Panopto.

Keuntungan dari Panopto Express adalah, saat Anda mendaftar, maka Anda akan mendapat keuntungan seperti:

  • Edit rekaman layar sebelum membagikannya
  • Menambahkan teks yang dibuat secara otomatis ke rekaman layar Anda
  • Menambahkan daftar isi yang dibuat secara otomatis
  • Bagikan rekaman layar Anda secara pribadi dengan mudah
  • Beri pemirsa kemampuan untuk membuat catatan dan berkolaborasi dalam rekaman layar Anda

Screen recorder merupakan alat yang terbukti berguna ketika Anda ingin merekam layar untuk kepentingan membuat video, mendemonstrasikan kerja suatu program, menyusun video demo produk untuk beberapa klien, merekam permainan untuk diposting di jejaring sosial atau merekam aktivitas lain di layar.

Dengan alat perekam layar, maka Anda bisa berbagi dengan teman, atasan atau untuk mengunggah di layanan streaming video seperti YouTube. Mudah sekali bukan cara merekam layar PC?

Tinggalkan komentar