Cara Mengatasi Komputer & Laptop Loading Terus Saat Melakukan Klik Kanan

Bagaimana cara mengatasi komputer & laptop loading terus? Pastinya bosan ketika windows sering eror. Sering kali pengguna mengklik kanan untuk merefresh komputer atau laptop, namun proses tersebut memakan waktu cukup lama. Untuk menampilkan tools Refresh pada halaman desktop saja bisa memakan waktu 2 hingga 3 detik, kadang kalanya bahkan laptop atau komputer menjadi tidak merespon perintah atau not responding. Hal yang sama juga bisa terjadi saat anda melakukan klik kanan pada disk, yang mana tools tidak muncul dan hanya terus melakukan loading.

Memperbaiki Permasalahan Loading Yang Lama

Cara Mengatasi Komputer & Laptop Loading
Cara Mengatasi Komputer & Laptop Loading

Cara mengatasi komputer & laptop loading terus atau bahkan not responding adalah dengan mengetikkan Regedit pada kolom pencarian diTaskbar atau menekan bersamaan tombol windows+R. Selanjutnya klik kanan pada menu Registry Editor dan pilih Run as Administrator. Setelah itu akan muncul folder Registry Editor lantas pilih direktori Classes Root, klik Directory, Background, Shellex, dan Contex Menu Handlers. Buka folder Contex Menu Handlers kemudian klik kanan pada folder igfxDTCM dan klik tombol Export, pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut dan memberi nama file backup dan terakhir klik tombol Save.

Baca juga : Cara Melacak Telegram

Perlu diketahui bahwa ada beberapa perbedaan driver bergantung pada grafik yang digunakan komputer atau laptop. Jika menggunakan grafik NVIDIA maka folder yang harus dihapus bernama NV sedangkan untuk grafik AMD bernama ACE sedangkan untuk VGA standar folder yang harus dihapus bernama igfx atau intel grafik. Tujuan melakukan backup pada folder igfxDTCM karena pada saat anda menghapus folder tersebut maka tools seperti Graphics Properties dan Graphics Options akan turut menghilang dari Context Menu sehingga folder backup tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan pengaturan semula.  Langkah berikutnya adalah menghapus folder igfxDTCM dengan cara melakukan klik kanan pada folder tersebut kemudian memilih menu Delete dan klik Yes.

Jika proses penghapusan sudah selesai maka tutup Registry Editor dan lakukan Restart pada laptop atau komputer, untuk melihat hasilnya, coba lakukan klik kanan pada halaman utama windows. Proses loading untuk tools Refresh kini sudah menjadi lebih cepat, namun menu Graphics Properties dan Graphics Options juga telah menghilang dari Context Menu, untuk mengembalikannya anda dapat membuka file Registry yang telah dibackup.

Baca juga : Software Membuat Animasi

Bug yang sering terjadi berupa errornya klik kanan ini juga dapat diatasi dengan mengunduh Shellex View dan menginstallnya pada laptop atau komputer. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mematikan proses-proses yang berhubungan dengan grafik yang mengganggu. Buka aplikasi tersebut, maka akan muncul bermacam pilihan menu, anda hanya perlu mencari menu dengan tipe yang bermasalah dan mendisablekannya. Caranya dengan mengklik kanan pada pilihan menu tersebut dan memilih Disable Selected Items lalu tekan Yes.

Anda bisa melakukan disable pada beberapa menu yang anda rasa bermasalah. Jika sudah maka lakukan Restart ulang pada laptop atau komputer untuk melihat efeknya. Demikian adalah beberapa solusi cara mengatasi komputer & laptop loading terus. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat. Terima kasih.

5/5 - (1 vote)

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Komputer & Laptop Loading Terus Saat Melakukan Klik Kanan”

  1. Laptop saya klo mau buka file video,foto dll loading terus , tapi klo buka folder lancar2 saja, solusinya gimana ya
    Di klik kanan pada file nya juga loading terus

    Balas
    • Baik mas Luthfi, mungkin ada beberapa hal yan bisa saya sarankan.
      1. Mungkin bisa menggunakan aplikasi pembuka file foto atau video yang lain, misal untuk video bisa menggunakan aplikasi VLC, KMV, dan sejenisnya. Untuk foto mungkin bisa mengubah default aplikasinya.
      2. Cara kedua mungkin mas nya bisa install ulang laptopnya. Takutnya ada part2 system yang eror akibat virus dan sejenisnya.

      Terima kasih,

      Balas

Tinggalkan komentar