Inilah Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB Yang Wajib Dicoba

Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB – Komponen yang berfungsi sebagai memori seperti RAM memiliki pengaruh yang besar terhadap perangkat teknologi seperti HP. Adanya komponen ini akan membantu pengguna untuk menyimpan berbagai data dalam bentuk softfile, baik dalam bentuk aplikasi ataupun file yang dapat diakses langsung dari HP. Selengkapnya akan diulas informasi terkait cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4GB yang akan membantu :

Inilah Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB Yang Wajib Dicoba

Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB
Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB

1. Matikan Fitur Tambahan Perangkat

Perangkat ponsel biasanya terdapat berbagai macam software pendukung dan juga dilengkapi dengan dukungan fitur tambahan seperti animasi menarik. Adanya fitur tersebut memang dapat membuat tampilan lebih menarik tetapi adanya fasilitas ini sebenarnya memakan banyak ruang pada RAM ponsel. Penggunaan fitur ini dapat dihentikan bagi pengguna yang ingin mengurangi penggunaan RAM dengan mengakses bagian pengaturan ponsel.

Tambahan fitur seperti live wallpaper sebenarnya juga dapat memakan banyak ruang sehingga memori RAM cepat penuh. Hal tersebut dapat dihindari dengan mematikan aktivitas live wallpaper dan ganti dengan wallpaper yang biasa. Mengurangi widget juga akan membantu meringankan kapasitas memori sehingga sistem dapat beroperasi normal dan ponsel tidak mudah lelet.

Baca juga : Spesifikasi iPhone XR 64GB

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Memasang aplikasi pada ponsel dapat menyebabkan kapasitas memori pada RAM bertambah dan mudah penuh. Pemilihan aplikasi sesuai kepentingan memang sangat diperlukan dalam hal ini agar mengurangi kapasitas memori dan memperluas kapasitas RAM. Ada baiknya pengguna disarankan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi yang dibutuhkan saja agar membuat ruang kapasitas memori yang kosong lebih besar.

3. Manfaatkan Kapasitas SD Card

Adanya penggunaan komponen SD Card juga dapat menjadi cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4GB sebagai referensi bagi pengguna yang ingin memperbesae ruang memori. Kapasitas dari memori yang terdapat komponen ini nantinya akan dialihkan menjadi kapasitas untuk memori pada komponen RAM ponsel. Pengguna harus menyediakan memori SD Card terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai kapasitas RAM.

Adapun besar dari kapasitas dari SD Card sendiri harus melebihi dari 4GB agar dapat dijadikan ruang RAM yang akan digunakan pada ponsel nantinya. Pengguna juga dapat melakukan pemasangan aplikasi Swapper & Tools pada ponsel tersebut agar dapat melakukan pengaturan pengalihan memori. Jumlah kapasitas memori yang akan digunakan sebagai kapasitas RAM dapat diatur secara bebas sesuai kebutuhan pengguna.

Baca juga : Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

4. Pasang Control Extreme Pro

Melakukan pengaturan dari aplikasi yang satu ini juga akan membantu untuk meningkatkan jumlah kapasitas RAM ponsel agar menjadi lebih besar. Dengan mengakses aplikasi yang satu ini nantinya akan membantu pengguna untuk membersihkan file sisa di ponsel sehingga ruang memori RAM akan bertambah. Pengguna juga akan menikmati fasilitas multitasking untuk membuat pengaturan RAM berdasarkan prioritas.

5. Gunakan Bantuan Dari Smart Booster

Pemasangan Smart Booster pada ponsel juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperbesar kapasitas RAM yang digunakan. Adanya bantuan dari aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk menghentikan sistem dan fitur yang tidak penting serta memakan banyak ruang pada memori. Kecanggihan dari fasilitas yang disediakan aplikasi ini juga sangat menguntungkan pengguna karena dapat menghapus file sampah dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4GB sebagai referensi agar membantu pengguna untuk mengatasi kendala saat penggunaan komponen ini. RAM memiliki peran yang sangat penting untuk perangkat seperti HP karena fungsinya yang dapat membantu menyimpan data penting penggunanya. Kapasitas RAM yang besar akan memudahkan perangkat seperti HP agar lancar dioperasikan penggunanya.

4/5 - (4 votes)

Tinggalkan komentar