Cara Ganti Prosesor Laptop Ini Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Cara Ganti Prosesor Laptop – Prosesor merupakan otak dari laptop sehingga mampu menjalankan setiap perintah yang ada di dalamnya. Mengganti prosesor dengan yang lebih baru merupakan terobosan supaya kinerja laptop menjadi lebih handal. Syarat agar berhasil yaitu dengan menjalankan cara ganti prosesor laptop secara benar.

Langkah Ganti Prosesor Laptop Paling Tepat

Melakukan pergantian prosesor cukup sulit dilakukan namun memang tidak mustahil apabila sudah bertekad. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis prosesor bisa dilakukan pergantian sehingga harus dikenali terlebih dahulu. Bagi yang sudah ingin melakukan pergantian, silahkan ikuti beberapa langkahnya berikut:

  • Apabila socket sudah sesuai dengan yang ada di laptop dan prosesor baru memiliki tipe yang sama, maka cara yang harus dilakukan yaitu dengan mengoleskan thermal paste terlebih dahulu sebelum dimasukkan. Tujuannya agar prosesor dapat berputar secara maksimal.
  • Sebelum mengambil prosesor lama, silahkan untuk melakukan pembaruan BIOS supaya prosesor baru bisa langsung dideteksi oleh laptop tanpa perlu proses yang lama.
  • Perlahan-lahan cobalah untuk mulai membuka laptopnya. Disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu debu-debu yang ada pada socket agar lebih nyaman ketika dipasang prosesor yang baru.
  • Cara ganti prosesor laptop yang dilakukan selanjutnya yaitu lepas prosesor lama yang posisinya masih menempel pada socket. Melepas prosesor ini harus berhati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.
  • Masukkan prosesor baru yang sebelumnya sudah dioleskan dengan thermal paste.
  • Periksa bagian kaki prosesor untuk memastikan bahwa kakinya sudah terpasang dengan kuat sehingga nantinya tidak akan mudah goyah ataupun terlepas dari tempatnya.
  • Apabila sudah yakin dengan pemasangan prosesor tersebut, segera pasang kembali casing yang sebelumnya telah terlepas.
  • Hidupkan kembali laptopnya untuk memastikan bahwa prosesor mampu berjalan dengan baik pada laptop tersebut.

Baca juga : Aplikasi Desain Rumah Online

Alasan Mengganti Prosesor

Perlu diketahui bahwa prosesor merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh laptop. Dimana, prosesor ini dijadikan sebagai otak yang mengatur semua pengaturan yang ada di laptop. Beberapa orang memutuskan untuk mengganti prosesor karena memiliki beberapa alasan. Berikut alasan yang sering digunakan:

1. Mengalami Kerusakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa prosesor yang sudah rusak akan menghambat proses pengoperasian laptop sehingga sulit untuk digunakan. Apabila sudah mengalami hal demikian, terdapat dua alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti prosesornya atau membeli laptop yang masih baru.

Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena masalah kontak ataupun sudah terlalu lama digunakan. Barang elektronik memang semakin lama akan mengalami penyusutan performa sehingga perlu diganti jika performanya semakin menurun. Penggantian ini pun bisa membuat laptop tidak lemot lagi seperti sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di File Manager

2. Tidak Kompatibel

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kebutuhan manusia pun semakin beragam saja. Terkadang suatu saat membutuhkan aplikasi yang cukup berat pada laptop sehingga prosesor lama sudah tidak kompatibel. Jalan yang bisa dipilih untuk bisa mendukung keberadaan aplikasi tersebut yaitu dengan mengganti prosesornya.

Terdapat beberapa rekomendasi prosesor yang bagus untuk dipilih yaitu intel i3 sampai dengan i7. Dijamin, laptop tidak akan merasa keberatan apabila ditambahkan dengan aplikasi yang cukup berat.

Selain itu, laptop tersebut juga tidak akan lemot lagi. Segera tentukan prosesor mana yang akan dipilih untuk mendukung performa laptopnya.

Melakukan cara ganti prosesor laptop yang sudah dipaparkan di atas cukup rumit. Namun, tak salah jika ingin mencoba asalkan socketnya sesuai dan prosesornya juga tidak berbeda dengan yang sudah ada di laptop sebelumnya. Silahkan beli prosesor tersebut pada toko yang sudah dipercaya selama ini.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment