7 Penyebab HP Lemot dan Macet, Jangan Disepelekan!

Penyebab HP Lemot dan Macet – Mungkin ada banyak orang yang masih mengalami masalah yang umum seperti perangkat HP yang dimiliki berjalan tidak sesuai dengan harapan. Apalagi ternyata penyebab HP lemot dan macet yang tidak dikenali dan masih sering diabaikan padahal bisa memberikan dampak buruk.

Sebenarnya memang ada banyak hal yang bisa membuat performa dari perangkat HP yang dipakai menjadi kurang dan tidak memuaskan. Berikut beberapa penyebab HP yang lemot dan macet yang perlu diketahui:

7 Penyebab HP Lemot dan Macet, Jangan Disepelekan

1. Penyimpanan yang Penuh

Hal yang bisa menjadi penyebab utama dari kejadian seperti ini ada pada bagian memori HP yang sebenarnya dipaksakan oleh pengguna. Misalnya saja, ada beberapa HP yang mungkin sudah memiliki memori penuh yang berlebihan sehingga perangkat pun sulit untuk digunakan.

Tidak terbatas di situ, bahkan ketika memori di galeri foto dibiarkan dalam keadaan yang darurat atau sedikit, bisa memunculkan masalah. Misalnya saja, bukan hanya kamera tidak bisa diakses oleh pengguna namun juga dengan adanya aplikasi yang tiba-tiba tertutup ketika dipakai.

2. Sinyal yang Lemah

Kemudian ada faktor yang lainnya yang bisa dipahami oleh pengguna, terutama bagi yang suka menggunakan sebuah provider yang memang khusus. Sebaiknya kenali sejak awal bahwa ada beberapa provider yang memang dikhususkan untuk wilayah tertentu sehingga kekuatan sinyal sangat dipengaruhi olehnya.

Baca juga : Cara Monetisasi YouTube di Android

Jika ternyata menggunakan jenis provider yang tidak sesuai dengan wilayahnya, maka bisa saja cara penggunaannya pun menjadi lebih sulit nantinya. Bahkan jika dipaksakan, sudah jelas perangkat HP yang sedang dipakai akan mudah untuk mati tiba-tiba dan beberapa aplikasi sulit diakses.

3. Cache yang Menumpuk

Ada sebuah penyebab HP lemot dan macet yang wajib dipahami lainnya apalagi hanya karena adanya beberapa data yang termasuk sampah. Misalnya saja, ada beberapa cache yang menumpuk di sebuah perangkat HP yang dipakai sehingga membuat perangkat tersebut menjadi lebih lemot.

Secara sederhana, permasalahan seperti ini sudah banyak ditemukan saat ini sehingga sebaiknya mulai diatasi dengan lebih baik dan memperhatikan perangkatnya. Selain itu, sebaiknya jangan lupa untuk aktif dalam menggunakan sebuah aplikasi tambahan untuk membantu membersihkan beberapa sampah HP yang mengganggu.

4. Memakai Wallpaper Bergerak

Ada pula penyebab yang lainnya  yang ternyata masih banyak diabaikan serta dianggap remeh oleh pengguna yang menggunakan latar belakang bergerak. Sebaiknya mulai dengan mengganti latar belakang yang sedang dipakai tersebut dengan model yang biasa saja sehingga perangkat menjadi lebih aman.

Baca juga : Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android

5. Adanya Masalah Bloatware

Sebuah penyebab HP lemot dan macet yang berikutnya ini berkaitan dengan adanya beberapa aplikasi bawaan yang justru jarang digunakan rutin. Apalagi jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka nantinya akan membuat perangkat HP yang dimiliki menjadi lemot dan susah diakses.

6.RAM yang Kurang

Posisi perangkat dengan jumlah RAM yang semakin lama semakin menipis juga bisa memberikan dampak buruk termasuk untuk pengguna yang memanfaatkannya. Sebaiknya segera aktif untuk memeriksa seperti apa kondisi RAM perangkat dan menambahkan jika masih bisa atau membatasi untuk penyimpanan masing-masing.

7. OS Belum Update

Terakhir, ada sebuah faktor yang lebih menunjukkan adanya penggunaan sistem yang tidak sesuai sehingga perangkat pun menjadi lebih lemot. Ditambah lagi, penyebab terakhir ini masih banyak diabaikan oleh pengguna sehingga membuat banyak aplikasi menjadi tidak berguna dan lebih lemot.

Beberapa jenis penyebab HP lemot dan macet yang dijelaskan tersebut tentu saja bisa dicoba untuk dipahami sebelum menentukan solusi terbaik. Ditambah lagi, ada yang berkaitan dengan penyimpanan pada perangkat HP serta beberapa masalah pada sistem yang dipakai di perangkat tersebut.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment