5 Aplikasi Mind Map Online Terbaik, Yuk Coba!

Aplikasi mind map online dapat digunakan untuk memetakan ide-ide yang muncul dipikiran. Aplikasi mind map juga dapat digunakan untuk mengingat ide yang muncul. Hanya saja, untuk menghasilkan mind mapping yang bagus, pengguna harus kreatif dalam memvisualisasikan ide-ide kepada yang lain. Ini ditujukan agar antar pengguna bisa saling berbagi ide. Nah, di bawah ini tersedia aplikasi mind map yang dapat menjadi pilihan:

5 Aplikasi Mind Map Online Terbaik 2021

Mindly

Mindly
Mindly

Dalam penggunaanya, aplikasi ini tidak memerlukan laptop. Mindly dapat digunakan melalui handphone android atau iOS karena sudah berbasis mobile. Ciri khas yang ada di Mindly yakni desainnya dengan bulatan. Aplikasi ini menyediakan paket gratisan, tetapi kapasitas dokumen yang dapat dibuat hanya 3 dokumen saja dan setiap dokumen dibatasi hanya 100 elemen.

Sedangkan untuk paket berbayarnya, aplikasi Mindly memberlakukan 1x pembayaran untuk mendapatkan fitur tambahan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perangkat android dan iOS yakni $6.99. Sedangkan untuk perangkat Mac OS yakni $29.99.

GitMind

GitMind
GitMind

Gitmind adalah aplikasi mind map online dan Flowchart terbaik saat ini. Penggunaan aplikasi ini gratis. Perangkat ini dapat menyediakan semua kebutuhan mind map, diantaranya diagram yang komplek dan flowchart yang sederhana. Dalam pembuatan diagram professional, aplikasi ini juga dilengkapi template mind map.

Aplikasi Git Mind memiliki banyak fitur yang hebat. Fitur-fitur tersebut yakni kolaborasi tim, memulihkan peta riwayat, tema bergaya premade, project management, serta outline mode. Pada aplikasi gitmind setiap perubahan yang dibuat di mind map secara otomatis akan menyimpan dan menyinkronkan ke semua perangkat. Gitmind juga mendukung export peta ide ada menjadi format Pdf dan gambar.

Baca juga : Aplikasi Converter Youtube Ke MP3

MindMup

MindMup
MindMup

Aplikasi MindMup terkenal dengan kepraktisannya. Pengguna tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakannya. Adapun yang membedakan aplikasi MindMup dengan aplikasi lainnya yaitu di aplikasi ini dapat membuat dokumen tanpa ada Batasan. Apa batasannya? yaitu hanya pada penyimpanan. Batas penyimpanan dokumen maksimal 6 bulan jika sudah melebihi 6 bulan maka akan hilang secara otomatis.

Ukuran dokumen yang dapat disimpan di aplikasi ini maksimal 100 kb. Jangan khawatir karena masih tetap dapat menyimpan dokumen yang ukurannya melebihi 100 kb di Google Drive. MindMup bisa dikelola secara leluasa di Google Apps. Layanan gratisnya sangat pas jika digunakan dalam jangka waktu yang pendek. Jika Berlangganan maka aplikasi ini juga dapat mengembangkan ide-ide yang muncul. Biaya yang perlu dikeluarkan mulai dari $25.

Ayoa

Ayoa
Ayoa

Ayoa adalah aplikasi mind map yang berbasis awan. Aplikasi ayoa dapat menyatukan kekuatan kreatif mind map dengan manajemen tugas visual. Ayoa juga cocok untuk kolaborasi antar individu dan tim yang menginginkan memetakan ide yang paling kreatif dan dapat mengubahnya menjadi kenyataan.

Ayoa terhubung dengan Dropbox, Google Drive, dan Google Kontak sehingga pengguna dapat mengubah catatan dari Evernote jadi tugas. Pengguna juga dapat menyinkronkan secara otomatis proyek Ayoa. Gaya yang ditampilkan oleh aplikasi Ayoa terinspirasi dari mind map traditional yang dibuat dengan tangan.

Baca juga : Aplikasi Mengembalikan File Yang Terhapus

Untuk cabang halus dan melengkung dapat menggunakan organic mind sedangkan untuk tata letak dan cabang kotak untuk menangkap ide secara cepat yakni speed mind maps. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat mempresentasikan ide dalam visual pie chart yaitu radial maps.

XMind

XMind
XMind

Aplikasi ini adalah aplikasi yang kaya akan fiturnya. Pengguna dapat membuat bermacam-macam jenis grafik. Xmind memiliki template dengan struktur yang sangat unik. Di aplikasi Xmind juga dapat mengkombinasikan bermacam-macam struktur dalam satu mind map.

Pada aplikasi Xmind juga terdapat mode pitch. Dengan adanya fitur tersebut, maka dapat menampilkan mind map dalam bentuk slideshow. Kekurangan dari aplikasi Xmind yaitu sulit digunakan bagi pemula. Xmind dapat diakses melalui mobile, desktop, dan web secara gratis.

Namun fitur yang dapat digunakan dalam mode gratis sangatlah terbatas. Jika ingin menikmati fitur yang lengkap maka harus berlangganan dengan mengeluarkan biaya $59.99/bulan.

Aplikasi mind map online memang sangatlah berguna bagi yang ingin menuangkan idenya dan mengembangkannya. Apalagi sekarang ini pengguna dapat mengakses aplikasi-aplikasi di atas dengan mudah. Selain itu aplikasi mind map juga dapat digunakan untuk menjelaskan ide-ide yang muncul. Semoga ulasan di atas dapat membantu bagi siapa saja yang sedang mencari aplikasi yang tepat untuk mind maps.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar