Ini Dia Langkah Cara Merubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Youtube Dengan Mudah

Cara Merubah Subtitle Inggris Ke Indonesia di Youtube – Fitur subtitle adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki YouTube. Namun, secara otomatis subtitle yang ditampilkan akan menggunakan bahasa yang digunakan oleh kreator video. Jika ingin merubahnya menjadi bahasa yang lain, maka harus diubah secara manual. Berikut adalah langkah cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di youtube:

5 Cara Merubah Subtitle Inggris Ke Indonesia di Youtube

Cara Merubah Subtitle Inggris Ke Indonesia di Youtube
Cara Merubah Subtitle Inggris Ke Indonesia di Youtube

Buka Pengaturan

Setelah video yang dipilih diputar, akan ada beberapa pilihan menu di bar bawah video. Klik pada bagian pengaturan yang ditandai dengan icon atau logo berbentuk roda gigi di sebelah kanan bawah video. Setelah menu pengaturan diklik, maka akan ada beberapa pilihan menu yang tampil.

Jika dibuka pada perangkat mobile atau smartphone, menu terletak pada bagian bar atas video yang sedang diputar. Akan ada beberapa pilihan berbentuk icon atau logo pada bar tersebut. Klik logo titik tiga kebawah (elipsis vertikal) di sebelah pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan.

Klik Pada Bagian Subtitel/CC

Langkah cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di youtube selanjutnya yaitu dengan menekan bagian subtitle pada menu pengaturan. Pilih “subtitel/CC” yang berada pada urutan ketiga setelah bagian kecepatan pemutaran video. Jangan langsung menekan “subtitel/CC” pada bagian bar bawah, karena secara otomatis bahasa yang digunakan adalah bahasa negara kreator video tersebut.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Foto di HP Oppo

Pada perangkat mobile (smartphone), menu subtitle ada di urutan kelima setelah menu “Putar ulang”. Sama seperti perangkat komputer atau laptop, jangan membuka menu subtitle langsung di bar atas. Jika seperti itu, bahasa subtitle yang ditampilkan akan diterjemahkan otomatis ke dalam bahasa yang digunakan kreator dan tidak dapat diubah.

Aktifkan Subtitle

Setelah menekan bagian “subtitel/CC”, aktifkan subtitle otomatis pada urutan kedua dengan tulisan “Inggris (dibuat secara otomatis)”. Subtitle video akan aktif dalam bahasa inggris dan secara otomatis akan keluar dari menu pengaturan subtitle tersebut. Karena hal itu, klik kembali bagian menu subtitle untuk mengganti bahasa.

Sedangkan dalam perangkat mobile, bahasa akan langsung ditampilkan pada menu subtitle ini. Jika tersedia, bahasa subtitle bisa langsung diganti menjadi bahasa Indonesia. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meski pengaturan bahasanya sudah diganti, akan tetap tidak berpengaruh. Bahasa subtitle hanya bisa diganti dengan pilihan bahasa yang disediakan kreator saja.

Klik Bagian “Terjemahkan Otomatis”

Selanjutnya, pada saat menu “subtitel/CC” dipilih kembali, akan ada bagian “Terjemahkan otomatis”. Pada bagian ini, bukan berarti pilihan bahasa subtitle kembali diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa yang digunakan oleh kreator. Namun, pada bagian inilah bahasa subtitle bisa dipilih lalu diterjemahkan menjadi bahasa yang diinginkan.

Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Google Chrome

Pada perangkat komputer atau laptop, fitur ini dapat bekerja dengan baik. Namun, mungkin karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan dalam perangkat mobile, jadi fitur pengganti bahasa subtitle masih belum optimal untuk digunakan. Untuk kedepannya, mungkin fitur ini akan bisa dijalankan pada perangkat mobile dengan baik.

Pilih Bahasa yang Diinginkan

Di dalam menu “Terjemahkan otomatis” yang sudah dipilih tadi, terdapat banyak bahasa yang dapat dipilih dari seluruh negara di dunia. Dalam bahasan kali, pilihlah bahasa Indonesia dengan cara scroll kebawah dan temukan kata “Indonesian”. Pilih dengan mengklik pilihan “Indonesian”, dan bahasa pada subtitle akan berubah menjadi bahasa Indonesia.

Cara ini juga berlaku atau bisa digunakan untuk video dengan bahasa manapun. Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa negara lain seperti Jepang, Spanyol, Korea, dan lain-lain dapat diubah ke dalam bahasa Indonesia. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle, tinggal tekan “c” pada keyboard.

Semoga cara ini bisa dipahami dan dapat membantu pengguna youtube dalam menikmati video-video luar negeri menjadi lebih dimengerti. Perlu diperhatikan agar langkah-langkah di atas harus diikuti secara berurutan dan jangan dilewati. Hal itu penting agar langkah cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di youtube bisa berhasil.


Dapatkan informasi teknologi paling update rekomendasi dari Terminal Tekno langsung ke smartphone kamu melalui aplikasi Telegram dengan bergabung di https://t.me/terminaltekno



Avatar photo
Terminal Tekno

Teminal Tekno adalah Blog yang menyajikan berbagai macam informasi seputar review, teknologi, smartphone, komputer, aplikasi, dan sejenisnya yang paling update.

Leave a Comment