7 Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas, Yuk Ketahui!

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas – Kepala charger HP cepat panas? Tidak perlu khawatir, banyak cara mengatasi kepala charger HP panas yang dapat diterapkan dengan mudah. Kepala charger HP yang panas sering dibiarkan dan dinggap sepele. Padahal, kepala charger HP yang mendadak panas dapat menimbulkan korsleting listrik, bahkan parahnya bisa meledak.

Untuk mengatasi kepala charger yang panas ini dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. Seringkali kebiasaan buruk pengguna ponsel juga berdampak pada masalah kepala charger HP yang cepat panas. Misalnya, menggunakan HP sambil dicas, tegangan listrik tidak stabil, dan lain-lain. Berikut ini informasi lengkap tentang langkah-langkah mengatasi kepala charger HP yang panas:

7 Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas
Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Pastikan Tegangan Listrik Stabil

Sebelum mengisi daya, pengguna harus memastikan bahwa tegangan listrik stabil. Hal ini dikarenakan banyak kejadian adaptor charger cepat panas disebabkan karena tegangan listrik di rumah tidak stabil. Tegangan listrik tidak stabil akan membuat kepala charger HP bekerja lebih keras supaya tegangan yang disalurkan ke baterai HP menjadi stabil.

Hindari Menggunakan HP Saat di Cas

Banyak sekali pengguna yang memainkan ponselnya saat HP dalam kondisi mengisi daya. Padahal, kebiasaan buruk ini justru akan menyebabkan beberapa masalah. Diantaranya kebiasaan tersebut dapat merusak baterai, selain itu kepala charger HP menjadi lebih panas, karena HP bekerja lebih keras. Jadi, hindari kebiasaan menggunakan HP saat di cas.

Menggunakan Charger Seperlunya

Gunakan charger sewajarnya saja dan jangan sering mencolok dan mencabut charger terus menerus akan mengakibatkan kepala charger cepat panas. Pengguna diharapkan tidak melakukan aktivitas yang berat yang dapat berakibat pada charger cepat panas dan dapat memicu ledakan, jika digunakan dalam waktu lama. Biasakan mencolok dan mencabut charger sewajarnya dan sesuai kebutuhan!

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Ganti Charger Apabila Sudah Tidak Layak Digunakan

Pengguna harus mengganti charger, jika memang sudah tidak layak pakai. Usia charger yang lama dapat mempengaruhi kinerja HP. Untuk itu, charger berusia tua dapat mengakibatkan kepala charger cepat panas. Hp dan charger memang memiliki usia masing-masing.

Cara mengatasi kepala charger HP panas ini dapat dilakukan dengan mengganti charger yang lama dengan yang baru. Jika membiarkan memakai charger lama juga dapat menyebabkan baterai rusak dan merugikan pengguna.

Hindari Mengisi Baterai Saat Daya 0%

Cara mengatasi kepala charger yang panas dapat dilakukan dengan membiasakan tidak mengisi baterai saat daya 0%. Tentu, kebiasaan buruk tersebut mengisi baterai HP yang sudah mencapai 0 % akan menjadikan kepala charger cepat panas dan bisa merusak baterai dengan cepat.

Tidak heran, saat baterai HP lemah, ada pemberitahuan bahwa baterai berada di kisaran 20-10 %. Hal ini karenakan kisaran tersebut merupakan waktu ideal untuk mengisi ulang baterai.

Baca juga : Cara Mengubah Suara Wanita Menjadi Pria Saat Menelpon di Telegram

Selalu Cabut Charger Pasca Digunakan

Banyak pengguna yang tidak pernah mencabut charger sama sekali. Tentu saja, kebiasaan tersebut akan berakibat pada panasnya kepala charger, bahkan lebih buruk dapat memicu kebakaran. Solusinya, biasakan untuk mencabut charger dari colokan listrik rumah agar hal-hal buruk tidak terjadi.

Pastikan Membeli Charger Original

Charger HP yang asli rusak dan pengguna kemudian membeli charger yang tidak original karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Padahal, pemakaian charger KW alias tidak original akan menyebabkan kepala charger HP cepat panas karena bahan pembuatannya jauh dari standar charger original.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna diminta untuk mengganti charge lama dengan yang baru dengan membeli produk asli alias originalnya saja. Charger original dapat diperoleh di toko terdekat dan terpercaya.

Itulah 7 cara mengatasi kepala charger HP panas berdasarkan penyebabnya. Tentunya, kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna terhadap charger bisa berakibat fatal dan menyebabkan kepala charger panas. Semoga membantu!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar